Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran pada Mapel Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Muhammadiyah 19

Tresna Nur Andini, Ahmad Susanto, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis daring khususnya pada situasi pandemi Covid 19. Latar belakang penelitian ini adalah merebaknya pandemi covid 19 dan berdampak pada penutupan sekolah-sekolah. Hal tersebut mengakibatkan terkendalanya pembelajaran berbasis luring di sekolah-sekolah. Penggunaan media pembelajaran berbasis daring saat pandemi menjadi salah satu solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis daring pada Mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 SMP Muhammadiyah 19 Sawangan, Depok, Jawa Barat dengan beberapa aplikasi daring diantaranya PowerPoint dan Quiziz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi lapangan dan wawancara. Temuan penelitian ini adalah rata-rata siswa mampu beradaptasi dengan penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis daring khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, mereka lebih tertarik pada media pembelajaran berbasis daring  dengan tampilan yang menarik dan berwarna. Pada umumnya siswa lebih tertarik pada penyajian materi pembelajaran bahasa Inggris  yang ringkas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Berdasarkan hasil belajar siswa menggunakan aplikasi pembelajaran daring dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Inggris kelas 8 SMP Muhammadiyah 19 berbasis daring dapat diimplementasikan dengan cukup optimal sebagai salah satu solusi di saat pandemi.


References


Arsyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Pargito. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. Bandar Lampung: Jurusan Pendidikan IPS Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2011.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rahman, Habibur. 2014. The Role Of Ict In Open And Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education. 15. 10.17718/tojde.47700.

Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara.

Putra, Nusa. 2011. Research and Development. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Penciner, Rick. (2013). Does PowerPoint enhance learning?. CJEM. 15. 109-12. 10.2310/8000.2013.130756.

Plump, Carolyn & LaRosa, Julia. (2017). Using Kahoot! in the Classroom to Create Engagement and Active Learning: A Game-Based Technology Solution for eLearning Novices. Management Teaching Review. 2. 237929811668978. 10.1177/2379298116689783.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Van Wyk, Micheal. (2014). Using Social Media in an Open Distance Learning Teaching Practice Course. Mediterranean Journal of Social Sciences. 5. 10.5901/mjss.2014.v5n4p370.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ