Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19 di Kelas 3 SD Labschool FIP UMJ
Abstract
Artikel ini ditulis untuk menganalisa peran orang tua dalam mengatur pembelajaran yang sedang dilaksanakan secara daring saat ini. Penulisan artikel ini dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara terhadap orang tua peserta didik dan guru kelas. Pelaksanaan observasi juga dilaksanakan secara home visit. Dalam artikel ini mengungkapkan proses pembelajaran daring dilakukan bersama orang tua di rumah karena menyebarnya wabah Covid 19. itu, pembelajaran sangat terganggu dan peran orang tua bagi peseta didik sangatlah berpengaruh besar, karena bagi peserta didik yang sekiranya masih duduk di bangku sekolah dasar, tentu masih belum bisa dan mengerti tentang apa yang sedang terjadi saat ini, peserta didik hanya bisa mengikuti perintah dari orang tua karena seluruh pembelajaran hanya dilakukan secara jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh seperti ini mungkin masih belum terlalu efektif bagi peserta didik sekolah dasar, sehingga membutuhkan dampingan bagi orang tua untuk menjalankan pembelajaran sehari-hari. Penulisan artikel ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan metode pengambilan data wawancara terhadap orang tua peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Patilima, Hamid. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeth.
Suparlan, Pasurdi. (2009) Metode Penelitian Kwalitatif. Depok : Universitas Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2745-6080
==============================================================================================================