PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMK NUSANTARA 1 CIPUTAT

Authors

  • Karina Vianka Irawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmita Nurul Muthmainnah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismah Ismah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berdampak pada banyak hal, salah satunya adalah menurunnya keaktifan belajar siswa di kelas. Siswa yang aktif dalam belajar mampu memberikan berbagai macam keuntungan untuk dirinya sendiri sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat lebih cepat tercapai. Namun sayangnya fakta saat ini menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang bosan dalam mengikuti pembelajaran daring dibandingkan dengan saat pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang sebelumnya belajar dengan cara yang konvensional dan siswa yang kemudian diberi perlakuan dengan belajar menggunakan Whatsapp sebagai media penyampai penugasan di kelas. Hasil penelitian menunjukkan nilai . Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa antara sebelum dan setelah melaksanakan penugasan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp.

References

Anggraini, Reno Auliya & Djatmiko, Andreas Andrie. (2019). Pemanfaatan Media Sosial (Group Whatsapp dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa di Luar Jam Sekolah di SMK Negeri 2 Tulungagung. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 1-7. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/5082/2862

Anggito, Albi & Setiawa, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Payadnya & Agung, I. Gusti. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Saepul, Asep, dkk. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Salo, Yulia Ayuningsih. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMPN 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297-304. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/4825/3379

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Group.

Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA. CV.

Sukroyanti, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 36-40. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/287946/pengaruh-model-pembelajaran-talking-stick-terhadap-keaktifan-belajar-siswa

Syahrir. (2018). Pengembangan Pola Berpikir Siswa Kelas XI Tentang Pengoprasian Dasar Pada Matriks Identitas melaui metode pembelajaran Tanya jawab. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 358-360. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/611/593Unaradjan

Downloads

Published

2020-12-31