Kesiapan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Nurbaiti Widyasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Irawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Afifa Muzayana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Covid-19 memkasa dunia pendidikan merubah arah dari tatap muka atau luring menjadi daring tak terkecuali jenjang SD yang menuntut kesiapan pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu salah satunya orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan orang tua khususnya ibu dalam mendampingi anaknya belajar matematika secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survey dengan analisis data secara statistic deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebar meggunakan google form kepada 101 responden yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak ibu yang mengalami kesulitan dalam mendampingin anaknya belajar matematika secara daring.

Author Biographies

Nurbaiti Widyasari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Bambang Irawan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Afifa Muzayana, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Fedina, N. V., Burmykina, I. V., Zvezda, L. M., Pikalova, O. S., Skudnev, D. M., & Voronin, I. V. (2017). Study of Educators’ and Parents’ Readiness to Implement Distance Learning Technologies in Preschool Education in Russia. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8415–8428. Diambil dari https://www.ejmste.com/download/study-of-educators-and-parents-readiness-to-implement-distance-learning-technologies-in-preschool-5225.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.-a). Diambil 9 Oktober 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.-b). Diambil 9 Oktober 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Nouwen, M., & Zaman, B. (2018). Redefining the role of parents in young children’s online interactions. A value-sensitive design case study. International Journal of Child-Computer Interaction, 18, 22–26. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.06.001

Sundus M. (2018). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety Sundus, 7(1), 296. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Downloads

Published

2020-10-07