EFEKTIFITAS GAMIFIKASI DALAM MENGAJAR BAHASA INGGRIS SECARA DARING DI ERA PANDEMIC

Muhamad Sofian HAdi, Iswan Iswan, N Athallah

Abstract


Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Terlebih lagi di saat seperti sekarang ini, dimana siswa belajar dari rumah menggunakan media-media daring yang di berikan oleh guru. Quizizz digunakan sebagai media untuk penelitian ini. Dari penelitian ini diharapkan metode gamifikasi dapat menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring. Hasil tanya jawab kepada narasumber, akan dijadikan sebagai data dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Jalan IKPN Bintaro, Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta-Selatan 12330. https://doi.org/10.21009/PIP.321.7

Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.

Hadi, M. S. (2019). The Use of Song in Teaching English for Junior High School. Jurnal English Language in Focus (ELIF), 1(2), 107-112.

Hadi, M. S. & Emzir, E. (2016). Improving Speaking Ability through Mobile Assisted Language Learning (MALL) Learning Model. IJLECR – International Journal of Language Education and Culture Review. 2, 71-74

Rizqiningsih, S., Hadi, M. S. (2019) Multiple Intelligences (MI) on Developing Speaking Skills. Jurnal English Language in Focus (ELIF), 1(2), 127-136

Setyosari, P. (2008). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Dosen Jurusan TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.

Saputra, H. N., Hadi, M. S. (2019). Teaching Vocabulary through Fly Swatter Games. Jurnal English Language in Focus (ELIF), 2(1), 17-24.

Wikipedia“Gamifikasi” https://id.wikipedia.org/wiki/Gamifikasi diakses pada tanggal 21 september 2020.

Yolanda, D., Hadi, M. S. (2019) Using Puppet Games in Teaching Speaking for Tenth Graders of Senior High School. Jurnal English Language in Focus (ELIF), 2(1), 1-8

http://www.buahpeer.com/2017/10/teorigamifikasi.html#:~:text=Deterding%20dkk.%20(2011)%20menyatakan,Botra%20dkk.%2C%20201


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2745-6080

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ