SAMBUTAN DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

elfarisna elfarisna

Abstract


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Terima kasih atas kedatangan para hadirin, yang saya hormati:

  • Menteri Kesehatan RI yang diwakili oleh Kasubdit Pelayanan Kesehatan Obat Tradisional, Ibu Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K). M.Kes. M.H.Kes.;
  • Koordinator Kopertis Wilayah III, Ibu Dr. Ir. Illah Sailah, M.Si.;
  • Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bapak Dr. Ir. Wiratno, M.Env.Mgt.;
  • Direktur Utama PT. Sido Muncul, Bapak Irwan Hidayat
  • Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Bapak Prof. Dr. Syaiful Bakhri, SH. M.H.;
  • Ketua BPH UMJ, Bapak Drs. Husni Thoyar, M.Ag.;
  • Bapak dan Ibu Wakil Rektor;
  • Bapak Direktur Sekolah Pascasarjana UMJ;
  • Bapak dan Ibu Dekan Fakultas di lingkungan UMJ;
  • Seluruh pemakalah, peserta, dan para undangan serta hadirin yang berbahagia.

Indonesia kaya akan tanaman herbal yang perlu mendapat perhatian kita semua. Dahulu nenek moyang kita selalu menggunakan tanaman herbal untuk pengobatan, tetapi lambat laun menjadi berkurang karena membanjirnya obat-obat kimia dan gencarnya promosi penggunaan obat tersebut. Namun sekarang masyarakat mulai kembali berpaling ke penggunaan obat-obatan herbal seiring dengan banyaknya dampak negatif tentang pengunaan obat-obat kimia. Berdasarkan kondisi tersebut, maka Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta pada hari ini mengadakan Seminar Nasional 2017 dengan tema “Pertanian dan Tanaman Herbal Berkelanjutan di Indonesia”.

Seminar hari ini akan membahas berbagai makalah tentang pertanian dan tanaman herbal, yang akan dipresentasikan oleh pemakalah yang datang dari berbagai penjuru Indonesia, antara lain para peneliti dari Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), dan instansi swasta.

Pada seminar ini kita mengharapkan banyak temuan-temuan dan informasi berharga dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti dari berbagai institusi yang hadir pada hari ini. Saling bertukar informasi diantara para peneliti, sehingga di masa depan dapat terwujud kerjasama yang erat untuk memajukan penelitian, pemanfaatan, dan memasyarakatkan kembali tanaman herbal di Indonesia.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan RI sebagai keynote speaker, serta pemakalah utama oleh Kepala Balitrro, Koordinator Kopertis wilayah III dan Direktur PT. Sido Muncul. Fakultas Pertanian UMJ berencana untuk membuat Sub-Program Studi Tanaman Herbal dan berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan PT. Sido Muncul yang merupakan salah satu perusahaan jamu di Indonesia yang konsen dengan penggunaan tanaman herbal. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, Bapak Rektor UMJ, PT. Sido Muncul, Bank Mandiri, Bank BNI Syariah, dan semua panitia yang telah bekerja keras untuk terselenggaranya acara seminar ini. Selamat melaksanakan seminar kepada seluruh pemakalah dan peserta. Kami mohon maaf seandainya dalam penyelenggaraan seminar ada yang kurang dan tidak berkenan.

Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Rektor UMJ untuk berkenan membuka Seminar Nasional 2017 “Pertanian dan Tanaman Herbal Berkelanjutan di Indonesia”. Terima kasih.

Wabillahit taufiq walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jakarta, November  2017

Dekan

Dr. Ir. Hj. Elfarisna, M.Si.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ