OPTIMALISASI JARAK TEMBAK PVC AIR SOFTGUN MENGGUNAKAN PERANCANGAN DESAIN FACTORIAL 23

Engkos Koswara

Abstract


Suatu rancangan percobaan dilakukan antara lain untuk membandingkan efek – efek dari berbagai tingkatan suatu percobaan. Namun pada kenyataannya sering diperlukan rancangan percobaan yang melibatkan banyak variable dengan berbagai tingkatan sekaligus. Sehingga akan menghasilkan kombinasi beberapa variable dengan berbagai tingkatan. Hal ini sering disebut desain factorial.

            Desain factorial lebih efisien apabila dibandingkan dengan cara tradisional yang hanya melibatkan 1 variable dengan 1 hasil. Karena masalah yang terjadi di lapangan, variabel yang mempengaruhi hasil bisa lebih dari 1. Dalam penelitian ini, percobaan yang dilakukan menggunakan desain factorial 23, yaitu menggunakan 3 variabel dan 2 tingkat keadaan.

            Optimalisasi jarak tembak PVC Air Softgun dengan menggunakan desain factorial 23 akan menentukan variable – variable apa saja yang mempengaruhi jarak tembak dan menentukan tingkat keadaan variabel yang menjadi nilai optimal dari jarak tembak PVC Air Softgun yang bisa dicapai.

            Variable yang mempengaruhi jarak tembak PVC Air Softgun adalah panjang peluru dan sudut ujung peluru. Tekanan angin pada PVC Air Softgun dijadikan tetap yaitu 40 psi sehingga untuk mencapai nilai optimal dari jarak tembak PVC Air Softgun yaitu menggunakan panjang peluru 17,5 cm dan sudut ujung peluru 45°. Nilai optimal dari jarak tembak PVC Air Softgun adalam 30,1 m.

Kata kunci : Desain factorial, PVC Air Softgun, Tekanan angin.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ