Strategi Pengembangan Program Studi Berbasis Kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan pada Program Studi Teknik Industri XYZ

Umi Marfuah, Casban Casban, Leola Dewiyani, Rani Siti Rahmawati

Abstract


Program Studi Teknik Industri (PSTI) berkomitmen untuk mengembangkan institusi secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dunia industri, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian (1) Menentukan tingkat kepentingan komponen mutu (2) Menganalisis rumusan peta strategi (3) Menganalisis pencapaian kinerja mutu. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Analisis berdasarkan balance scorecard melalui tahapan menentukan dalam empat perspektif, menentukan indikator kinerja kunci (IKK), menghitung bobot, penyusunan peta strategi dan pengukuran kinerja. Hasil penilaian tingkat kepentingan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mendapatkan nilai pembobotan sebesar 0.498, perspektif proses bisnis internal sebesar 0.251, perspektif pelangan sebesar 0.165 dan perspektif finansial sebesar 0.086. Peta strategi PSTI memfokuskan dengan sasaran strategis peningkatan jumlah dosen yang mendapat hibah penelitian DIKTI, peningkatan jumlah publikasi hasil penelitian, peningkatan kesesuaian materi ajar, mengundang tenaga pakar dan peningkatan jumlah evaluasi kurikulum. Pencapaian kinerja mutu PSTI secara keseluruhan cukup baik dengan melakukan perbaikan kinerja pada IKK yang pencapainnya dibawah target.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Ira. 2012. Perancangan Strategi Dengan Perspektif Balanced Scorecard Pada Institusi Pariwisata Bogor Hotel Institute (BHI) [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

David FR. 2010. Manajemen Strategis (Terjemahan). Jakarta (ID) : Salemba Empat.

Fijałkowska, Justyna and Oliveira, Cidalia (2018). Balanced Scorecard in Universities. Journal of Intercultural Management. vol.10, no.4, pp.57–83.

Gaspersz, Vincent. 2013. All-in-one Key Performance Indicators and Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige, Lean Six Sigma Supply Chain Management. Bogor: Tri-Al_Bros Publishing.

Hasislam, Okviyesha. 2014. Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Badan Penelitian Pengembangan dan Informasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI) [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Kaplan RS dan Norton DP. 2000. The Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi (Terjemahan). Jakarta (ID) : Erlangga.

Kaplan RS dan Norton DP. 2010. Execution Premium : Sukses Besar Merencanakan dan Mengeksekusi Strategi (Terjemahan). Jakarta (ID) : Ufuk Pr.

Novitasari, Budi Tiara (2019). Balanced scorecard dalam institusi pendidikan lanjut. Jurnal Nominal. Vol.VIII, no.2, h.152-165.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Pemerintah Republik Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Pertiwi, Anggi Putri, Danto, Walesa, Laksitowening, Kusuma Ayu (2011). Balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja perguruan tinggi (IT Telkom). Konferensi Nasional Sistem Informasi. Februari 2011.

Ridla, M. Rasyid (2015). Analisis balance scorecard pada kinerja perguruan tinggi swasta islam di kopertais wilayah III Yogyakarta. (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Islam Terpadu Yogyakarta). Jurnal Manajemen Dakwah. vol.2, no.1, h.55-73.

Saaty TL. 1993. Pengambilan Keputusan bagi para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Jakarta (ID) : Pustaka Binama Pressindo.

Sirait et al. 2010. Panduan Pengelolaan Kinerja Berbasis Balanced Scorecard di Lingkungan Kementerian Keuangan. Jakarta (ID) : Kemenkeu.

Solihin, Deni (2021). Penerapan pendekatan sistem manajemen strategi menggunakan konsep balanced scorecard di Politeknik TEDC Bandung. Jurnal TEDC. Vol.15. No.2, h.143-147.

Sudirman, Indrianty (2012). Implementing Balanced Scorecard in Higher Education Management Case Study: Hasanuddin University of Indonesia. International Journal of Business and Social Science. Vol. 3 No. 18. h.199-204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ