ANALISA LAJU AUS, KEKERASAN DAN KOEFESIEN GESEK PEMBUATAN KOPLING TIDAK TETAP (CLUTCH) DENGAN MENGGUNAKAN SABUT KELAPA DAN SERAT BAMBU

Bagus Dwi Putra, Iwan Susanto, Paulus Sukusno

Abstract


Kopling yang berfungsi sebagai penyambung dan memutus dua buah poros.Kampas kopling motor matic pada umumnya terdiri dari karbon yang tertanam dalam matriks polimer.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari komposisi bahan yang menggunakan material komposit serat bambu dan sabut kelapa,dengan menggunakan resin epoxy terhadap laju aus, uji kekerasan dan uji gesek matic dan membandingkanya dengan dengan kampas kopling manufaktur Komposisi bahan material komposit ini memiliki beberapa sampel pengujian. Bahan ini dicampur kemudian dipress selama 15 menit menggunakan suhu 1100 C di berikan beban kompaksi sebesar 2000kg . Setelah mencapai holding time, sampel dikeluarkan dari cetakan. Setelah itu dilakukan proses Pengujian laju aus menurut standar SNI 09-01431987, Pengujian kekerasan dengan standart Vickers LM 800AT, Pengujian koefisien gesek. dengan standart SNI 09-01431987 Hasil rekayasa komposit menunjukan Sampel A (Bambu 80% dengan epoxy 30%) memiliki nilai koefisien gesek paling kecil yaitu 0.28 (x10-7 cm³ /Nm) Pada suhu 100°C., Sampel E (Kelapa 80% dengan epoxy 20%) memiliki nilai koefisien gesek paling besar yaitu 0.36 (x10-7 cm³ /Nm) Pada suhu 100°C. Sampel E (Bambu 80% dengan epoxy 20%) Nilai kekerasan sebesar 153.11 VHN mendekati dengan kampas kopling aslinya ( sampel G) sebesar 184.47 VHN.

Full Text:

PDF

References


Alajmi, Mahdi and Abdullah Shalwan. 2015. “Correlation between Mechanical Properties with Specific Wear Rate and the Coefficient of Friction of Graphite/Epoxy Composites.” Materials 8(7):4162–75.

Arunachalam, K. and G. Sundara Pandian. 2016. “Modeling and Analysis of Clutch Facing Made up of Biodegradable Coir Fibre Based Composite Material.” Polymers and Polymer Composites 24(7):463–68.

Genaidy, Ash, Thabet Tolaymat, Reynold Sequeira, Magda Rinder, and Dion Dionysiou. 2009. “Health Effects of Exposure to Carbon Nanofibers: Systematic Review, Critical Appraisal, Meta Analysis and Research to Practice Perspectives.” Science of the Total Environment 407(12):3686–3701.

Manuputty, Monalisa and Pieter Th. Berhitu. 2010. “Pemanfaatan Material Bambu Sebagai Alternatif Bahan Komposit Pembuatan Kulit Kapal Pengganti Material Kayu Untuk Armada Kapal Rakyat Yang Beroperasi Di Daerah Maluku.” Jurnal Teknologi 7(2):788–94.

Khan, Mohammad Z. R., Sunil K. Srivastava, and M. K. Gupta. 2018. “Tensile and Flexural Properties of Natural Fiber Reinforced Polymer Composites: A Review.” Journal of Reinforced Plastics and Composites 37(24):1435–55.

Damm, Niklas B., Michael M. Morlock, and Nicholas E. Bishop. 2015. “Friction Coefficient and Effective Interference at the Implant-Bone Interface.” Journal of Biomechanics 48(12):3517–21.

Sumiyanto, Abdunnaser, and Achmad Noor Fajri. 2019. “Analisa Pengujian Gesek, Aus Dan Lentur Pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor.” 15(1):49–59.

Titani, Fena Retyo. 2018. “Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa Sebagai Material Penguat Pengganti Fiberglass Pada Komposit Resin Polyester Untuk Aplikasi Bahan Konstruksi Pesawat Terbang.” Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) 19(1):23.

Mallikarjun, M. Sreenivasa Reddy, Biradar Mallikarjun, and N. G. S. Udupa. 2013. “Hardness Evaluation of As-Cast and Heat Treated Al Based Hybrid Composites.” IET Conference Publications 2013(648 CP):4–7.

Puja, I. 2010. “Studi Sifat Impak Ketahanan Aus Dan Koefisien Gesek Bahan Komposit Arang Limbah Serbuk Gergaji Kayu Glugu Dengan Matrik Epoxy.” Jurnal Energi Dan Manufaktur 4(2):2–6.

Kumar, Parshant and V. K. Srivastava. 2016. “Tribological Behaviour of C/C–SiC Composites—A Review.” Journal of Advanced Ceramics 5(1):1–12.

Flament, Camille, Michelle Salvia, Bruno Berthel, and Gérard Crosland. 2014. “Effect of Thermal Cycling on the Mechanical Properties of a Continuous Fibre Composite Used for Car Clutch Facings.” Advanced Materials Research 891–892:42–47.

Yu, Yanglun, Xianai Huang, and Wenji Yu. 2014. “A Novel Process to Improve Yield and Mechanical Performance of Bamboo Fiber Reinforced Composite via Mechanical Treatments.” Composites Part B: Engineering 56:48–53

Barkoula, N. M., B. Alcock, N. O. Cabrera, and T. Peijs. 2008. “Flame-Retardancy Properties of Intumescent Ammonium Poly(Phosphate) and Mineral Filler Magnesium Hydroxide in Combination with Graphene.” Polymers and Polymer Composites 16(2):101–13.

Puja, I. 2010. “Studi Sifat Impak Ketahanan Aus Dan Koefisien Gesek Bahan Komposit Arang Limbah Serbuk Gergaji Kayu Glugu Dengan Matrik Epoxy.” Jurnal Energi Dan Manufaktur 4(2):2–6.

Purboputro, Pramuko Ilmu. 2012. “Pengembangan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serat Bambu,.” (November):367–73.

Olakanmi, Eyitayo Olatunde. 2012. “Effect of Mixing Time on the Bed Density, and Microstructure of Selective Laser Sintered (SLS) Aluminium Powders.” Materials Research 15(2):167–76.

Anon. n.d. “2009_SintesisdanKarakterisasiKaretA lam_ProsidingSeminarPascasarjana.Pdf .”

Yang, Zhe, Hongdan Peng, Weizhi Wang, and Tianxi Liu. 2010. “Crystallization Behavior of Poly(ε- Caprolactone)/Layered Double Hydroxide Nanocomposites.” Journal of Applied Polymer Science 116(5):2658–67.

Wang, Wei and Gu Huang. 2009. “Characterisation and Utilization of Natural Coconut Fibres Composites.” Materials and Design 30(7):2741–44.

Tang, S. H., Yan Fang Liu, and Xiao Han. 2015. “Design and Optimization of Clutch Hydraulic Shift Control System in Automatic Transmissions with Failure Protection Function.” Applied Mechanics and Materials 743:11–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ