Kajian Konsep Arsitektur Industrial Pada Bangunan Lei Lo Restoran

Raka Pratama, Dedi Hantono

Abstract


Pada tahun 1950, terdapat bekas pabrik dan mesin-mesin yang terbengkalai sehingga dimanfaatkan dengan memfungsikan kembali pabrik yang terbengkalai dan memanfaatkan mesin yang sudah tidak terpakai untuk menjadi elemen arsitektur (Jevremovic,2012). Gaya arsitektur industrial semakin lama semakin berkembang dan mulai diterapkan dalam berbagai jenis bangunan, tidak hanya berfokus kepada bangunan industri. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengkaji bagaimana penerapan arsitektur industrial terhadap bangunan restoran melalui metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder berupa studi literatur. Pada Lei Lo Restoran, menerapkan arsitektur industrial pada material mentah atau material dasar, struktur dan utilitas yang terekspos, dan warna alami dari material.

Full Text:

PDF

References


Amini, A. R., Sumadyo, A., & Marlina, A. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Industrial dalam Produktivitas Ruang Pada Solo Creative Design Center. Senthong, Vol. 2, No.2,.

Ching , F. (1996). Arsitektur : Bentuk, Ruang, Dan Tatanan. . Jakarta: Erlangga.

Hakim, F. L (2020). Penerapan Tema Arsitektur Industrial pada Rancangan Parahyangan Art Museum. Arsitektur Itenas, Vol. V, No.14,.

Jevremovic, L., Vasic, M., & Jordanovic, M. (2012). Aesthetics Of Industrial Architecture In The Context Of Industrial Buildings Conversion. International Symposium.

Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Khoe. G. A (2016). Landasan Teori dan Program Akademi Kuliner di Semarang. Projek Akhir Arsitektur

Nugraha, A. S. (2019). Penerapan Fitur Arsitektur Industrial Pada Rancangan Kedai Kopi Di Kota Bandung. Laporan Akhir Penelitian.

Persada, N.G.E dan Giri, K.R.P (2016). Representasi Tema Industrial pada Toko Railroad Industrial Furniture. SENADA, Vol.3

Pradana, M. F. (2016). Desain Interior Mokko Factory & Coffee Bergaya Modern Industrial Sebagai Sarana Informasi Perkembangan Penerbangan Indonesia. Laporan Tugas Akhir Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Setyawan, R. F. (2009). Efisiensi Teknis pada Bangunan Industri. Skripsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ