Kajian Konsep Arsitektur Kontemporer pada Bangunan Jewish Museum Berlin di Jerman

Izwan Ariq Nursandi, Ashadi Ashadi

Abstract


Bangunan museum merupakan jenis bangunan yang berfungsi sebagai tempat edukasi dan sarana pendidikan untuk mengenalkan sejarah, peristiwa, makhluk hidup, dan lain sebagainya. Tujuan museum sendiri ialah untuk mengedukasi hal-hal tersebut pada generasi-generasi di masa mendatang, sehingga ilmu pengetahuan pada sebuah peradaban tidak akan terputus dan hilang. Seiring berjalannya waktu, bangunan museum juga memiliki desain arsitektur yang beragam. Salah satunya konsep arsitektur kontemporer yang memiliki gaya desainnya tersendiri dan tidak mengikat pada sebuah gaya tertentu. Bangunan museum dengan penerapan konsep arsitektur kontemporer dapat menjadikan bangunan dengan karakteristik tersebut yang berciri khas dan berkarakter. Dari hal tersebut, muncul permasalahan mengenai bagaimana penerapan konsep arsitektur kontemporer pada bangunan museum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan arsitektur kontemporer pada bangunan Jewish Museum Berlin. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatif dengan tahapan analisis bentuk teori berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik arsitektur kontemporer terhadap penerapan pada studi kasus bangunan museum. Hasil akhir pada penelitian ini berupa kesimpulan dari penerapan konsep arsitektur kontemporer terhadap museum.

Full Text:

PDF

References


Ashadi. (2019). ARSITEK ARSITEKTUR DEKONSTRUKTIVIS (Cetakan Pertama Januari 2019 ed.). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Arsitektur UMJ Press.

Cerver, F. A. (2000). The World of Contemporary Architecture. (K. Inc, Ed.) Konemann.

Desi, H., Mauliani, L., & Sari, Y. (2018). Penerapan Arsitektur Kontemporer pada Sekolah Model dan Mode Muslim Dian Pelangi. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 2, 31-36.

Ghozali, M. F., & Zuhri, S. (2020). Ekspresi Estetika dan Simbolik pada Arsitektur Kontemporer dengan Pendekatan Metafora. Jurnal Mahasiswa Arsitektur WIDYASTANA UPN Veteran, 1.

Gunawan, D. E., & Prijadi, R. (2011). Reaktualisasi Ragam Art Deco Dalam Arsitektur Kontemporer. Jurnal Media Matrasain, 8.

Hermanto, M. (2013). Studi Gaya Desain Interior Museum Karya Daniel Libeskind. JURNAL INTRA, Vol. 1, No. 2.

Hilberseimer, L. (1964). Contemporary Architecture: Its Roots and Trends (Vol. First Edition). Chicago, Il: Paul Theobald and Company.

Libeskind, D. (2005). In The Space Of Encounter. New York: Universe Publishing.

McMurtry, R., & Cohen, U. (1985). Museums and Children: A Design Guide. Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat: Center for Architecture and Urban Planning Research, University of Wisconsin.

Pratama, R. W., & Marlina, E. (2020). PENERAPAN KARAKTERISTIK ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA PERANCANGAN PUSAT PELATIHAN SEPAK BOLA PSS SLEMAN. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 4.

Romalqos, M. (1997). Perancangan Ulang Museum Arkeologi di Prambanan. Tugas Akhir.

Sumintardja, D. (1978). Kompendium Sejarah Arsitektur Jilid I.

Warso, E. (2017). Apartemen Atlet Bulutangkis (Pendekatan Arsitektur Kontemporer) . Disertasi Doktoral.

Pavka, E. (2010). AD Classics: Jewish Museum, Berlin / Studio Libeskind. Diakses pada September 2, 2021, dari ArchDaily: https://www.archdaily.com/91273/adclassics-jewish-museum-berlin-daniellibeskind

Surana, P. (n.d.). Architectural Styles. Diakses pada September 3, 2021, dari Rethinking The Future: https://www.rethinkingthefuture.com/architecturalstyles/a2423-characteristics-ofcontemporary-architecture/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ