Kajian Konsep Arsitektur Gender Pada Rumah Tinggal Wanita Pasca Bersalin

Yeptadian Sari, Nabila Azzura Putri Prasyam

Abstract


Arsitektur sangat mempengaruhi kehidupan manusia, bahkan arsitektur dapat membantu manusia menyelesaikan permasalahannya, seperti menyembuhkan penyakit depresi pada wanita pasca bersalin. Arsitektur gender merupakan salah satu konsep yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsep arsitektur gender yang dapat diterapkan pada rumah tinggal yang dihuni oleh wanita pasca bersalin untuk membantu mengurangi gejala depresi mereka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan melibatkan beberapa responden penyintas depresi pasca bersalin. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah konsep arsitektur gender yang dapat diterapkan yaitu gender feminisme dengan diterapkannya area-area privat khusus untuk wanita pasca bersalin di dalam rumah, ruangan bersekat dengan bukaan yang secukupnya, dan warna ruang yang lembut sesuai dengan kehendak wanita yang menghuni ruang tersebut.

Full Text:

PDF

References


Weresch, K. (2015). Architecture civilization gender. Zurich: Lit Verlag.

Bodnar, D., Ryan, D., & Smith, E. J., (2021). Self-care Program for Women with Postpartum Depression and Anxiety, www.bcwomens.ca, Provincial Reproductive Mental Health.

Dalfen, Ariel.,(2019). When Baby Brings the Blues Solutions for Postpartum Depresssion. Canada. John Wiley & Sons Canada, Ltd.

Prasyam, Nabila. A.P. dan Sari, Yeptadian (2021) Kajian Konsep Gender Space Pada Bangunan Sekolah Seni (Studi Kasus: Sekolah Seni Glassell). Journal of Architectural Design and Development. Vol 02/No. 01 Juni 2021. Hal 8-19

Mosse. Julia C. (2007). Gender dan Pembangunan. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Fakriah , N. (2020). HIJAB: Konsep Gender Space dalam Arsitektur Vernakular Aceh. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 109-120.

Kuhlmann, D. (2013). Gender studies in architecture: Space, power and difference. Oxon: Routledge.

Prijotomo, J. W. & Rachmawaty, M. (2012). The role of women in islamic architecture. Conference Proceedings Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS XII) Surabaya, 5- 8 November 2012 (pp. 3284-3306).

Laurens, J. (2005). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Grasindo

Robertson, Emma, et al. 2008. Maternal Mental Health & Child Health And Development: Literature review of risk factors and interventions on Postpartum Depression. Toronto: University Health Network Women’s Health Program, Department Of Mental Health And Substance Abuse, World Health Organization

Sari, Y., Satwikasari, A. F & Faliha, A. M. (2020). The Concept of Feminism Architecture in houses to Reduce Postpartum Depression Symptom. Prosiding of The 4th Bogor International Conference for Applied Science. Pg 34-37.

Sari, Yeptadian. (2021). Arsitektur untuk Ibu Depresi: dari Sudut Pandang Penyintas Depresi Pascapersalinan. Arsitektur UMJ Press: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ