Kajian Konsep Healing Therapeutic Architecture Pada Fasilitas Pendidikan Anak-Anak Luar Biasa, Studi Kasus: Ifield School Sensory Garden

Nur Fadlilah, Finta Lissimia

Abstract


Anak-anak luar biasa membutuhkan fasilitas pendidikan yang sesuai untuk membantu mereka mengubah keluarbiasaan mereka menjadi rasa kepercayaan diri dalam berkarya dan mengabdi untuk bangsa. Kajian dalam penelitian ini adalah terkait penerapan konsep healing therapeutic pada fasilitas pendidikan anak-anak luar biasa. Metode kualitatif diskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Studi literatur digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam kajian ini. Studi kasus yang diambil adalah Ifield School Sensory Garden. Pendekatan dalam analisis menggunakan prinsip desain healing therapeutic (Chrysikou) dipadukan dengan prinsip media therapeutic (Holowitz), menghasilkan kajian bahwa: Ifield School Sensory Garden menerapkan konsep healing therapeutic meliputi pada seluruh prinsip yaitu care in community, design for domesticity, social valorization, integrated with nature, dan therapeutic media.

Full Text:

PDF

References


Barrett, M. (1992). Creating Eden : The Garden as a Healing Space.

Brian, S. (2012). Architectural Healing Environments.

Chrysikou, E. (2014). Architecture for Psychiatric Environments and Therapeutic Spaces.

Dennett, D. (1991). Consciousness Explained. Boston: Little Brown.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gabe, R. T. (2008). Gejala Arsitektur Sekolah Luar Biasa Terhadap Keberhasilan Pendidikan anak Tunagrahita (Evaluasi Pasca-Huni Terhadap Beberapa SLB di Jakarta). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Guido, L. (2014). The Power Of Color in The Healthcare Environment. Clark Design.

Hall, E. (2007). The Hidden Dimension. New York: Garden City.

Hebert, B. B. (2003). Design Guidelines of A Theapectic Garden for Autistic Children. Design Guidelines of A Theapectic Garden for Autistic Children.

Holowitz, S. (2012). Therapeutic Gardens and Holticultural Therapy : Growing Roles in Health Care. Alternative and Complementary Therapies.

Hosking, S., & Haggard, L. (1999). Healing the Hospital Environment: Design, Management and Maintenance of Healthcare Premises. Routledge.

Hussein, H. (2010). Using the Sensory Garden as a Tool to Enhance the Educational Development and Social Interaction of Children with Special Needs. British Journal of Learning Support, 25-31.

Israel, T. (2003). Some Places Like Home. Britain: Wiley-Academy.

Kamila, N. (2019). Penerapan Healing Architecture pada Sekolah Alam Mahardika, Cibubur. Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Pembangunan Jaya.

Karina. (2013). Perancangan Interior Pada Panti Asuhan. Desain Interior Universitas Bina Nusantara.

Pallasmaa, J. (2007). Eyes Of The Skin : Architecture and The Senses. Brittain: Wiley-Academy.

Schaller, B. (2012). Architectural Healing Environtment. School of Dissertation and Thesis Syracuse University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ