Peningkatan Keamanan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jakarta Melalui Klasifikasi Serangan Cyber Dalam Menunjang WFH

Hendra Hendra, Eka Budhy Prasetya

Abstract


Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga Universitas dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada civitas akademika, baik didalam maupun diluar Universitas Muhammadiyah Jakarta melalui internet. Berbagai kebutuhan dalam bidang pendidikan maupun peraturan yang melingkupinya sedemikian tinggi, sehingga pengelolaan akademik dalam suatu lembaga pendidikan menjadi pekerjaan yang sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran. Masalah yang sering terjadi pada perguruan tinggi pada umumnya adalah keterbatasan pengolahan data yang dimulai dari pengolahan data akademik. Hal tersebut merupakan salah satu proses interaksi antara bagian internal Universitas Muhammadiyah Jakarta yang mengolah data dengan proses serta prosedurprosedur tertentu, dengan user yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Kesulitan yang sering terjadi pada bagian internal perguruan tinggi adalah banyaknya proses pengolahan data yang harus dilakukan dalam waktu yang singkat.

Full Text:

PDF

References


Budi Rahadjo. Keamanan Sistem Informasi. PT Insan Infonesia, 2017.

Guntoro, Loneli Costaner, dan Musfawati. Analisis Keamanan Web Server Open Journal System (Ojs) Menggunakan Metode Issaf Dan OWASP-ZAP (Studi Kasus Ojs Universitas Lancang Kuning) (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika). JIPI. Volume 05, Nomor 01, Juni 2020 : 45 – 55.

Indra Irawan. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Jurnal Teknologi dan Open Source Issn Online: 2622-1659. Vol. 1 No. 2, Desember 2018 Hal. 55-56.

Iwan Sofana & Rifkie Primartha. Network Security dan Cyber Security, Teori dan Praktek Cisco CCNA, Linux, Windows, Amazon AWS, Android. Informatika. 2019.

Jogiyanto.2009.Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.

Joseph Migga Rizza. Computer Network Security. University of TennesseeChattanooga. Chattanooga, TN, U. S.A.

Johan Ericka Wahyu Prakasa. Peningkatan Keamanan Sistem Informasi Melalui Klasifikasi Serangan Terhadap Sistem Informasi. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia. Vol.14, No.2, Tahun 2020. ISSN: 2580-8397 (O); 0852-730X (P).

Ladjamudin, bin Al – Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rifkie Primartha. Security Jaringan Komputer Berbasis CEH. Informatika. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ