ANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CVL DAN NASA-TLX DI BAGIAN QUALITY CONTROL PERUSAHAAN PANGAN BEKASI

Marwan Fikri, Casban Casban

Abstract


Perusahaan Pangan Bekasi merupakan industri hilir kelapa sawit yang mengolah bahan baku berupa Crude Palm Oil (minyak kelapa sawit mentah) dan Crude Palm Kernel Oil (minyak inti kelapa sawit mentah). Perusahaan ini melakukan produksi selama 24 jam per hari. Setiap proses produksi selalu dilakukan pengendalian kualitas oleh bagian Quality Control (QC). Dalam melaksanakan pekerjaannya, pekerja bagian QC kerap mengalami kelelahan yang ditandai lemas, kurangnya konsentrasi, dan mengantuk. Sejalan dengan kelelahan yang dialami, diketahui denyut nadi, pekerja berkisar 111-115 pulse/menit yang termasuk dalam kategori pekerjaan berat. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi beban kerja yang diterima oleh pekerja dibagian QC. Beban kerja fisik diukur dengan menggunakan metode Cardiovascular Load (CVL). Beban kerja mental diukur dengan menggunakan metode National Aeronautics Task Load Index (NASA-TLX). Berdasarkan hasil analisis, diketahui  beban kerja fisik yang diterima pekerja dibagian QC sebesar 31,10% dan turun menjadi 26,53% setelah dilakukan perbaikan. Sedangkan beban kerja mental yang diterima pekerja dibagian QC sebesar 82,03 dan turun menjadi 68,25 setelah dilakukan perbaikan. 

Full Text:

PDF

References


Hamidy, F. 2016. Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi. Jurnal Teknoinfo, 10.

Hariyati, M. 2011. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual di PT Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hutabarat, Y. 2017. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang: Media Nusa Crative.

Iridiastadi, H. & Yassierli 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Liani Putri, U. & Handayani, N.U. 2017. Analisis Beban Kerja Mental Dengan Metode NASA-TLX Pada Departemen Logistik PT ABC. Industrial Engineering Online Journal, 6(2).

Rahmah, S.A. 2018. Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental dengan Menggunakan Metode Cardiovascular Load dan NASA TLX pada PT XYZ. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Simanjuntak, R.A. 2010. Analisis Beban Kerja Mental Dengan Metode Nasa-Task Load Index . Jurnal Teknologi Technoscientia, 3.

Susanti, L., Zadry, H.R. & Yuliandra, B. 2015. Pengantar Ergonomi Industri. Padang: Andalas University Press.

Tarwaka 2010. Ergonomi Industri: Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Solo: Harapan Press.

Tarwaka, Bakrie, S.H.A. & Sudiajeng, L. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Surakarta: UNIBA Press.

Terranova, D.N.T. 2014. Menentukan Jumlah Optimal Karyawan Dengan Metode NASA-TLX (Studi Kasus: Departemen Perencanaan dan Gudang Material, PT. Petrokimia Gresik). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Wardani, D.P. 2019. Pengurangan Losses Dengan Pendekatan Root Cause Analysis dan 5W+1H. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yanto & Ngaliman, B. 2017. Ergonomi Dasar-Dasar Studi Waktu dan Gerakan untuk Analisis dan Perbaikan Sistem Kerja. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ