ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DAN AHP PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN (STUDI KASUS DI PT. XYZ)

Tika Adinda Putri, Chriswahyudi Chriswahyudi

Abstract


Jasa pengiriman menjadi salah satu sektor bisnis yang sangat berpengaruh pada saat ini. Peningkatan penggunaan jasa pengiriman mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Diikuti dengan peningkatan jumlah penyedia jasa pengiriman, persaingan pada bidang ini menjadi semakin ketat dan padat. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Pengiriman Barang.  Tujuan penelitian ini untuk mengukur kinerja PT. XYZ. Metode yang digunakan adalah pendekatan Balanced Scorecard dan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Jenis penelitian ini adalah desktiptif kuantitatif. Beberapa teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil pengumpulan data didapatkan 14 sasaran strategi dan 16 indikator KPI yang dapat diolah untuk menghitung skor akhir dan menentukan kriteria kinerja perusahaan. Hasil penelitian didapatkan skor akhir perusahaan sebesar 98,988% yang berarti PT. XYZ sudah berada dalam kategori kinerja sangat baik (AAA). Dari pengukuran kinerja ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan nilai skor akhir dapat diketahui bahwa perspektif proses bisnis internal dengan skor akhir 9,480 belum memenuhi capaian target terutama berkaitan dengan waktu pengiriman dan penyelesaian komplain pelanggan. Adapun perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memiliki skor akhir 25,954 telah mendekati target yang ditentukan. Perspektif keuangan dengan skor akhir 14,602 dan perspektif pelanggan dengan skor akhir 48,958 telah mencapai target yang ditentukan.

Full Text:

PDF

References


Amin, Syukron. (2014). Perencanaan Strategi Pemasaran Perhiasan Imitasi. Jurnal Matrik. XVIII:1.

Anderson, L., & Donald, K. (1991). Cost Accounting, Homewood. Boston.

Banerjee, J., & Buoti, C. (2012). General specifications of KPIs. International Telecomunnication Union.

Bernard, M. (2015). Key Performance Indicator yang Harus Diketahui. Jakarta: PT. Elex Meida Kompetindo.

Hafizurahman. (2007). Disertasi Gaya Kepemimpinan Atasan, Lingkungan Kerja, Dan Motifasi Kerja Terhadap Kinerja Kepala Program Studi Kesehatan dan Kedokteran Pada Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Kopertis II. Jakarta.

Kaplan, R., & Norton, D. (1996). The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action. Boston: Harvard Business School Press.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi Ofset. Yogykarta.

Moerdiyanto. (2010). Tingkat Pendidikan Manajer dan Kinerja Perusahaan Go-public Hambatan atau Peluang. Yogyakarta: FISE Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyadi, & Johny, S. (1999). Corporate Culture And Performance, Dampak Budaya Perusahaanterhadap Kinerja. Jakarta: Prenhallindo.

Rangkuti, Freddy. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuwono, S. (2003). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ