STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GARMEN GARAGE EIGHT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Meri Prasetyawati, Mutmainah Mutmainah, Rully Mujiastuti, Annisa Tria Yuniana

Abstract


Industri garmen memiliki kontribusi yang besar dalam ekspor Indonesia. Kemampuan industri pakaian jadi untuk berkompetisi tidak hanya di pasar domestik namun terlebih dipasar internasional. Garmen juga menjadi salah satu penopang perkembangan industri tekstil di Indonesia, yang merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar ke-3 di Indonesia. Permintaan pakaian di masa pandemi mengalami penurunan seiring tutupnya pusat perbelanjaan hingga pusat tekstil. Usaha Garmen Garage Eight adalah salah satu dari sekian banyak pelaku IKM (Industri Kecil menengah) yang bertahan untuk tetep eksis dalam memproduksi kaos bordir, kaos sablon, totebag dan topi. Dari data penjualan terjadi penurunan penjualan sebanyak 90 persen. Penurunan penjualan disebabkan karena daya beli konsumen menurun dan mitra usaha seperti dinas pariwisata, korlantas, dinas perhubungan tidak melakukan pesanan. Usaha Garmen Garage Eight mengurangi jumlah produksi dan mengurangi jumlah tenaga kerja untuk bisa menutup biaya operasional yang ada. Oleh karena itu sangat dibutuhkan strategi yang tepat untuk perkembangan Usaha Garmen Garage Eight. Tujuan penelitian yaitu merumuskan strategi pengembangan usaha garmen agar bisa meningkatkan pendapatan pada masa pandemi covid 19. Adapun Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, analisis dan identifikasi SWOT, pembobotan IFAS dan EFAS. Hasil dari pengolahan data didapatkan bahwa analisis SWOT yang diperoleh dari total skor matriks IFE sebesar 2,88 dan matriks EFE sebesar 2,96 menempatkan posisi Usaha Garmen Garage Eight pada posisi V matriks IE yaitu pertumbuhan dan stabilitas. Pada pengolahan matriks SWOT menghasilkan sebelas rumusan strategi alternatif.

Full Text:

PDF

References


Anggie Prasetya, M. N. (2017). Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku Pada Produk Baju Muslim Gamis Anak Perempuan Dengan Menggunakan Metode MRP Untuk Meminimumkan Biaya Persediaan Di PT. Cutetrik Cimahi. Prociding Manajemen. Bandung.

Anthony Wibowo Ekawardhana, M. P. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis Garment Pada Indo Garment Surabaya. AGORA.

Even Filbert, A. N. (2018). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Konveksi "Scout Shop" di Cibubur. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. Surakarta.

Meri Prasetyawati, W. S. (2020). Analisis Proses Bisnis Pada Industri Garmen di Perkampungan Industri Kecil Penggilingan. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Jakarta.

Nur Hidayah, Y. D. (2018). Penerapan Manajemen Mutu Pada Usaha Garmen di Kecamatan Pademangan Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.

Rachman, R. (2017). Pengendalian Kulaitas Produk di Industri Garment dengan Menggunakan SPC. Jurnal Informatika.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Satrio Utomo, N. S. (2019). Indutri 4.0 Pengukuran Tingkat Kesiapan Industri Tekstil dengan Metode Singapore Smart Industry Readiness Index. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan.

Sri Eva Mayasari, B. E. (2021). Analisis Pengaruh ACFTA Terhadap Kinerja Ekspor Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia. Arena Tekstil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ