PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI & BASIS DATA PIMPINAN WILAYAH ’AISYIYAH DKI JAKARTA

Muhammad Reyhan Ariesgo, Yana Adharani, Popy Meilina, Nurvelly Rosanti, Retnani Latifah

Abstract


‘Aisyiyah merupakan organisasi perempuan muhammdiyah. Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DKI Jakarta menaungi 5 Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), yaitu PDA Jakarta Pusat, PDA Jakarta Barat, PDA Jakarta Selatan, PDA Jakarta Timur, dan PDA Jakarta Utara. PWA DKI Jakarta beserta PDA memiliki majelis dan lembaga yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan setiap program kerja ‘Aisyiyah. Untuk menjamin pelaksanaan program kerja diperlukan monitoring/ pemantauan oleh pimpinan. Kendati demikian PWA DKI Jakarta masih mengalami kesulitan dalam melakukan pemantauan pelaksanaan progam kerja dari setiap majelis dan lembaga, baik di bawah PWA langsung ataupun PDA, sehingga seringkali program kerja yang tidak berjalan baru diketahui ketika laporan pertanggungjawaban di akhir masa kepengurusan. Disamping itu PWA DKI Jakarta belum memiliki basis data kader, padahal kader ‘Aisyiyah DKI Jakarta terdiri dari beragam latar belakang pendidikan dan profesi yang dapat berkontribusi dalam pelaksanaan program kerja. ‘Aiysiyah DKI Jakarta memiliki beberapa amal usaha dan aset dalam bentuk sekolah, panti asuhan, gedung dan lain sebagainya. Akan tetapi data amal usaha, aset, dan dokumen penting lainnya belum terdokumentasi dengan baik, bahkan ada yang masih tersebar di sekertariat daerah maupun perorangan, sehingga menyulitkan dalam melakukan pencarian dokumen, bahkan berpotensi hilang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuat sistem informasi dan basis data Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DKI Jakarta berbasis web. Pengujian dilakukan dengan menggunakan blackbox testing. Hasil uji coba menunjukan dengan adanya sistem informasi ini PWA DKI Jakarta dapat melakukan pemantauan capaian program kerja setiap majelis dan lembaga di wilayah DKI Jakarta, serta dapat mengakses data kader, aset, amal usaha, dan dokumen penting lainnya kapan saja dan dimana saja.

Full Text:

PDF

References


Kusniyati, H., & Putro, A. J. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Reminder Pengumpulan Soal Ujian di SMK Jakarta 1 Berbasis Web. Petir 11(2), 191-202.

Mursyidah, M., & Hidayat, H. T. (2017). Pengujian Sistem Informasi Akuntansi Biaya Operasional Sekolah Dengan Black Box Testing. Jurnal InfoMedia 2(2).

Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). PEMODELAN DIAGRAM UML SISTEM PEMBAYARAN TUNAI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE. JTIK - Jurnal Teknik Informatika Kaputama 4(1).

Urva, G., & Siregar, H. F. (2015). PEMODELAN UML E-MARKETING MINYAK GORENG. JURTEKSI ROYAL Edisi 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ