APLIKASI PENGELOMPOKKAN ABSTRAK SKRIPSI TEKNIK INFORMATIKA

Herlin Dwi Astuti, Popy Meilina, Nurul Amri, Muhammad Hasbi

Abstract


Inventaris judul skripsi program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta masih menggunakan list tertulis dalam bentuk daftar judul skripsi dan masih belum dikelompokan berdasarkan topik. Dalam mengajukan judul sering kali mahasiswa bingung mengenai topik yang akan dipilihnya dan mengalami kesulitan dalam melihat referensi-referensi dari skripsi sebelumnya. Berdasarkan analisa kebutuhan akan pengelompokkan abstrak skripsi dibangun web pencarian judul skripsi. Perancangan dalam membangun sistem web menggunakan usecase, dimana user yang terlibat adalah mahasiswa untuk dapat menambah data skripsi baru yang nanti akan terkelompokk berdasarkan klasternya. Perancangan  analisis sistem yang digambarkan menggunakan Usecase Diagram dan Activity Diagram. Terdapat satu user mahasiswa untuk dapat melakukan tambah data skripsi, melihat data skripsi,dan cek klaster skripsi. Pengujian dilakukan pada laman pengecekan klaster skripsi dengan data benar, laman tambah data dengna data benar, dan pencarian data skripsi dengan data benar dan data salah. Hasil yang diharapkan berdasarkan pengujian pada laman menghasilkan data yang sesuai dan berhasil.

Full Text:

PDF

References


Hakim, Zakki & Meilina, Popy. 2022. Sistem Informasi Akademik Berbasis Webiste (Studi Kasus : Smpit Avicenna). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Volume 12 Nomor 3. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/download/13610/7267.

Hendini, A. 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV.

Saputra, Anggi & Meilina, Popy. 2021. Otomatisasi Pembayaran Pada Aplikasi Rental Mobil Yafa Rent Car. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Volume 11 Nomor 3. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/download/13562/7226

Syifani, Dita & Dores, Ardiansyah. 2018. Aplikasi Sistem Rekam Medis di Puskesmas Kelurahan Gunung. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Volume 9 Nomor 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/justit/article/view/ 3267/2515

Unhelkar, B. 2018. Software Engineering with UML. Boca Raton: CRC Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ