IMPLEMENTASI TRANSFORMASI MODEL KONVENSIONAL MENUJU PENDEKATAN DIGITAL DIBIDANG PENDIDIKAN

Rita Dewi Risanty, Jumail Wastam, Muhaemin Muhaemin, Muhammad Kheamal

Abstract


Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mempengaruhi berbagai sektor industri, salah satunya adalah sektor pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan terus berkembang dimana setelah sekian lama diperkenalkan dengan metode pembelajaran konvensional tatap muka, saat ini berkembang dan bertransformasi menuju pendidikan online atau virtual. Pandemi COVID-19 juga memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan pendidikan virtual, yang kini sudah menjadi hal yang lumrah. Efektivitas pendidikan virtual harus dibuktikan, bagaimana kegiatan pembelajaran dapat diadopsi ke dalam metode virtual termasuk kelas virtual, pembagian tugas virtual, pengelolaan pencatatan akademik, hingga bagaimana hal itu dapat membantu dalam membuat prediksi akademik yang bermanfaat. Harapannya pendidikan virtual akan membantu interaksi akademik antara siswa dan guru menjadi lebih efektif karena tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Privasi akses juga menjadikan pendidikan virtual lebih aman dengan mekanisme Single Sign On (SSO) yang memungkinkan setiap pengguna hanya dapat melakukan satu kali login dalam satu waktu. Berdasarkan evaluasi awal dalam penelitian ini memperlihatkan sebanyak 85% siswa menyatakan efektif dan mudah dalam pelaksanaannya, 15% menyatakan masih kesulitan dalam memahami materi yang dilaksanakan secara virtual. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan sebanyak 100 siswa sekolah tingkat menengah.

Full Text:

PDF

References


Bican, Peter M., and Alexander Brem. 2020. “Digital Business Model, Digital Transformation, Digital Entrepreneurship: Is There a Sustainable ‘Digital’?” Sustainability (Switzerland) 12 (13): 1–15. https://doi.org/10.3390/su12135239.

Di, Pandemi Covid-, and Smpn Palimanan. 2021. “Jurnal WANIAMBEY :” 2 (2): 79–98.

Diah, Sakina Rakhma, and Setiawan. 2019. “Naik Signifikan, Daya Saing Indonesia Di Posisi 32 Dunia.” Naik Signifikan, Daya Saing Indonesia Di Posisi 32 Dunia. 2019. https://money.kompas.com/read/2019/05/29/140135526/naik-signifikan-daya-saing-indonesia-di-posisi-32-dunia.

Hariani, Pipit Putri, Sri Ngayomi Yudha Wastuti, Liza Mahdalena, and Wahid Iskandar Barus. 2020. “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan 3 (2): 41–49.

Jogiyanto.H.M. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi Jogiyanto H.M.

Purnamasari, Anita, Dyah Ratri Aryuna, and Dwi Maryono. 2017. “Penerapan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 1 (6): 17–26.

Putri, windha Amalia, Andreas Priyono Budi Prasetyo, and Supriyanto. 2014. “Unnes Journal of Biology Education.” Journal Og Biology Education 3 (3): 319–29.

Rhomdani, Rohmad Wahid. 2016. “Pengembangan Virtual Class Matematika Berbasis Web Menggunakan Moodle Dan Wordpress Di Universitas Muhammadiyah Jember.” Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 1 (1): 1–13. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/130/240.

Yerusalem, Muhammad Rozi, Adian Fatchur Rochim, and Kurniawan Teguh Martono. 2015. “Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer 3 (4): 481. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ