MANAJEMEN DATA LALU LINTAS KENDARAAN BERBASIS SISTEM INTERNET CERDAS UJICOBA IMPLEMENTASI DI LABORATORIUM UNIVERSITAS KADIRI

Arthur Daniel Limantara, A. I. Candra, Sri Wiwoho Mudjanarko

Abstract


Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 114,21 juta kendaraan sedangkan pada tahun 2015 menjadi  121,390 juta unit yang berarti mengalami kenaikan unit sebesar 6,29% yang terdiri dari mobil penumpang 13,48 juta unit, kemudian mobil barang 6,6 juta unit, serta mobil bis dengan jumlah 2,4 juta unit dan paling dominan sepeda motor sebanyak 98,88 juta unit. Dengan kondisi tersebut maka dampak yang ditimbulkan terhadap prasarana transportasi seperti kemacetan; kerusakan perkerasan hingga pencurian kendaraan juga semakin meningkat. Untuk mengontrol hal tersebut dibutuhkan suatu cara yang cepat, effisien dan modern sehingga memudahkan aparat terkait melakukan fungsi kontrol, keamanan dan penindakan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan adalah sistem internet cerdas yang dikenal dengan Internet of Things (IoT), dimana IoT adalah berupa  pemasangan suatu chip yang berisi data pengguna maupun data kendaraan yang digunakan. Didalam chip ini akan tertanam (embbeded) data pengguna dan data kendaraan yang berupa data digital, kemudian akan dipasangkan pada kendaraan bermotor. Bila kendaraan yang telah terpasang melewati suatu access point (AP) maka chip akan mengirimkan data melalui AP ke server melalui jaringan nirkabel dan awan basis data (database cloud). Penelitian ini telah berhasil diujicobakan baik di laboratorium maupun di area kampus. Harapan dari penelitian ini adalah penggunaan IoT akan memudahkan integrasi antara instansi terkait melakukan fungsi kontrol sekaligus melakukan tindakan bila ada pengguna melakukan kesalahan serta berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan cara Manual. Pd. T-19-2004-B. Jakarta.

Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi 2 (terjemahan), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kementerian Perhubungan RI, 2006, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 tentang Manajamen dan Rekayasa Lalu Lintas di jalan, Jakarta.

Kementerian Perhubungan RI, 2015, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas tentang Manajamen dan Rekayasa Lalu Lintas, Jakarta.

Kumita, Saleh, S.M., Isya, M., 2015. Manajemen Lalu Lintas Pada Jalan Teuku Abdurrhman Meunasah Meucap Sebagai Jalan Masuk Universitas Almuslim. Jurnal Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Volume 4, No. 1, Februari 2015, Hal 96-107.

Kriswardhana, W., Hayati, N. N., Dwi, D., 2106. Manajemn Rekayasa Lalu Lintas Central Business District Area Segitiga Emas Kabupaten Jember Menggunakan PTV Vistro, Simposium XIX FSTPT, Universitas Islam Indonesia, 11-13 Oktober 2016.

Lubis, M., 2012, Evaluasi Manajemen Lalu Lintas Meningkatkan Kinerja Jalan Pada Jalan Daerah Lingkar Dalam Kota Medan, Magister Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

Luthfan, A., 2012, Evaluasi Kinerja Manajemen Lalu-Lintas Jalinan Bundaran Bintaro Sektor 7 Menjadi Simpang Bersinyal Akibat Pembangunan Jalan Layang Bintaro Jaya, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Indonesia.

Megahmi, N., 2012, Evaluasi Kinerja Jalan Di Banda Aceh dan Penerapan Manajemen Lalu Lintas, Magister Teknik Sipil, UNSYIAH, Banda Aceh.

Mudjanarko, S. W. & Winardi, S. & Limantara, A. D. 2017. Pemanfaatan Internet of Things Sebagai Solusi Manajemen Transportasi Kendaraan Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi & Prasarana Wilayah (ATPW), 5 Agustus, Surabaya.

Santosa, R, Herijanto, W, dan Widyastuti, H, 2013, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Persimpangan Jalan A. Yani Sisi Barat Akibat Pembangunan Frontage Road, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVIII, 27 Juli, Surabaya.

Yulmida, D. A. & Mudjanarko, S. W. & Setiawan, M. I. & Limantara, A. D. 2017, Analisis Kinerja Parkir Sepanjang Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Jurnal U KaRsT Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri, volume 1 no 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ