SEDIMENTASI DI SUNGAI KAPUAS KECIL PONTIANAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Arfena Deah Lestari, Suci Pramadita, Johnny M.T. Simatupang

Abstract


Pelabuhan di Kota Pontianak yang bernama Pelabuhan Dwikora merupakan Pelabuhan Sungai yang alur pelayarannya melalui Sungai Kapuas Kecil. Alur pelayaran ini menjadi pintu masuk utama bagi pendistribusian barang dan perpindahan penumpang dari kabupaten/ kota yang ada di Kalimantan Barat maupun ke kabupaten/ kota yang ada Kalimantan Barat. Lokasi pelabuhan ini memiliki beberapa kelemahan. Lebar sungai kurang memadai dan angkutan sedimen yang terbawa oleh aliran air pada saat air laut surut sehingga ada musim – musim tertentu terjadi pendangkalan alur pelayaran di sungai tersebut. Hal ini mengakibatkan kapal tidak dapat masuk dan keluar dari pelabuhan. Kontur kedalaman sungai dipetakan dengan survei hidrografi. Kecepatan arus di ukur dengan menggunakan currentmeter. Sampel sedimen dasar diambil untuk dianalisa ukuran butir dan jenis sedimen yang mendominasi daerah penelitian. Sedangkan analisa TSS (Total Suspended Solid) juga dilakukan pada sedimen layang untuk mengetahui daerah mana pada sungai tersebut potensi sedimentasi yang besar. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa ada beberapa daerah di alur pelayaran Sungai Kapuas Kecil memiliki potensi sedimen yang besar yaitu di titik 49 (muara sungai) dimana kedalaman di titik tersebut hanya 5.1 meter. Kecepatan arus yang berkurang dengan kondisi lebar sungai yang membesar menyebabkan debit aliran air yang mendorong sedimen menjadi kecil dan sedimen akan menumpuk di lokasi tersebut. Jenis sedimen yang mendominasi daerah tersebut adalah lanau.

 


Full Text:

PDF

References


Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Kanisius. 258 hlm.

Garde, R.J., Raju, K.G.R. 1985. Mechanics of Sediment Transportation and Alluvial Stream Problems. India: Wiley Eastern Limited India.

Hutabarat, S. dan S.M, Evans. (2000). Pengantar Oseabografi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Johnny, MT.S, Arfena, D.L, Jasisca, M. 2016. Kontur Sungai Kapuas Kecil. Pontianak: Program Studi Teknik Kelautan Universitas Tanjungpura (2016)

Lanuru, M dan Suwarni. 2011. Pengantar Oseanografi. Makassar: Universitas Hasanuddin, Makassar.

Rifardi. 2012. Ekologi Sedimen Laut Modern. Pekanbaru: UR Press

Sitanala Arsyad. 2010. Konservasi Air dan Tanah. IPB Press. Bogor. Indonesia. 12-13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ