ANALISA METODE FABRIKASI REBAR CAGE SHEAR WALL ANTARA METODE MANUAL DAN REBAR TEMPLATE PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT

Novia Ragil Setiawan, Muhamad Aswanto, Trijeti Trijeti

Abstract


Dalam perkembangannya, cukup banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kestabilan bangunan tinggi terutama dalam menahan gaya lateral yang berpengaruh sangat besar pada bangunan tinggi. Beberapa sistem yang diperkenalkan untuk menjaga kestabilan bangunan tinggi adalah shear wall. Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang metode fabrikasi rebar cage shear wall antara metode manual dan rebar template. Rebar cage adalah sebuah sangkar tulangan, yang sudah jadi atau selesai dirakit. Tujuannya untuk membandingkan dari kedua metode ini, sebagai dasar pemilihan metode fabrikasi rebar cage shear wall yang paling efektif dan efisien pada lahan fabrikasi yang terbatas. Langkah perhitungan dibagi menjadi dua tahap untuk kedua metode, yaitu perhitungan durasi pelaksanaan dan perhitungan biaya pelakasanaan. Dalam menghitung durasi pelaksanaan, langkah yang digunakan adalah dengan volume item pekerjaan yang ada dibagi dengan produktivitas tenaga. Dari durasi yang timbul, maka biaya dapat dihitung mulai dari material, tenaga kerja, peralatan, dsb. Dari keseluruhan hasil perhitungan, maka selanjutnya adalah memperbandingkan biaya dan waktu kedua metode. Hasil perhitungan biaya menunjukkan bahwa metode fabrikasi manual lebih murah dibanding metode rebar template. Sedangkan untuk perhitungan durasi pelaksanaan metode rebar template lebih cepat dua kali lipat pelaksanaannya dibanding metode manual.

 


Full Text:

PDF

References


Dony Azhari, “Metode Pelaksanaan Pekerjaan Core Wall Pembangunan Proyek Apartemen Skyland Rose In Spring”.

Djojowirono, Sugeng, “Manajemen Konstruksi 1”, Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Yogyakarta, 1991.

Farid Dwi Atmawan, “Studi Perbandingan Penggunaan Pelat Konvensional Dan Alternatif Hollowslab, Halfslab Dan Metaldeck”, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2015.

Hartmann Hardyanto Ngono, Budiman Proboyo, Indriani Santoso, “Analisa Durasi Rencana Aktivitas Dan Evaluasi Pelaksanaan Jadwal Suatu Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat”.

Kep. Gub. DKI Jakarta No.72/2002.

Peurifoy, Schexhayder, dan Shapira, “Construction Planning, Equipment, and Method”, Seven Edition, Singapore : Mc Graw-Hill, 2003.

Sagel, Kole, dan Gideon, “Pedoman Pengerjaan Beton”, Seri Beton 2, Erlangga. Jakarta, 1996.

Zuhri, Syarifuddin, “Sistim Struktur Pada Bangunan Bertingkat”, Yayasan Humaniora.Yogyakarta,2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ