OPTIMALISASI PERENCANAAN PENGELOLAAN TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU (TPST) BERBASIS MASYARAKAT SECARA MANDIRI SEBAGAI UPAYA KONSERVASI LINGKUNGAN

Gita Puspa Artiani, Indah Handayasari

Abstract


meningkat seiring bertambahnya konsumsi masyarakat setiap harinya, yang berdampak kepada penumpukan sampah khususnya di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) GEMPEL – BEHI. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas warga, dikarenakan lokasi dari TPST ini terletak di samping jalan raya dan diseberang pasar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan perencanaan bangunan TPST yang sesuai fungsinya. Sehingga dengan perencanaan ini diharapkan sistem alur pengelolaan sampah mulai dari sampah masuk, letak penampungan sampah, tempat pemilahan sampah, tempat pengolahan sampah organik dan anorganik, tempat untuk sampah residu, dan sampah yang akan dibawa ke TPA Rawa Kucing dapat dikelola dengan baik sesuai fungsinya. Desain fungsi area bangunan TPST yang direncanakan menggunakan area kerja pengolah sampah yang terdiri dari area pemilahan dengan luas ± 60 m2, area organik dengan luas ± 60 m2, area anorganik dengan luas ± 135 m2, area penyimpanan dengan luas ± 30 m2, dan area residu dengan luas ± 15 m2. Setiap area yang didesain mempunyai fungsi dan luas lahan sesuai dengan alur pengelolaan serta volume sampah yang diolah. Perencanaan konsep alur pengelolaan TPST didasarkan kepada volume sampah yang masuk dan  menambah jumlah tenaga kerja dimana pengoptimalan alur pengelolaan dilakukan dengan cara menambah alat biodigester yang dihitung berdasarkan volume sampah organik yang diolah dan kapasitas alat. Berdasarkan hasil perencanaan optimalisasi TPST GEMPEL- BEHI didapakan penurunan volume sampah yang dikirim ke TPA Rawa Kucing dari 74,37  m3 menjadi 10,5 m3 . Hal ini menunjukkan perencanaan fungsi bangunan dan alur pengelolaan sampah dapat menjadi salah satu penyelesaian permasalahan sampah pada TPST GEMPEL-BEHI.

 


Full Text:

PDF

References


Amandasari, N., Ainun, S., & Hartati, E. 2016. Studi Komparasi Sistem Pengelolaan Sampah dengan Biodigester Kelurahan Cibangkong dan Kelurahan Cilengkrang. Bandung : Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, ITENAS

Artiani, Gita P., & Handayasari, Indah. 2015. Konservasi Lingkungan Melalui Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Berbasis Komunitas (Prosiding Semnastek FT UMJ). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Bandung, Juju. 2012. Usaha Konservasi Lingkungan Hidup.

Bappeda Kabupaten Grobogan. 2017. Kajian dan Penelitian Penerapan Teknologi Biogas Sebagai Sumber Energi Alternatif. https://bapeda.grobogan.go.id (5 Agustus 2017).

Irawan W. 2007. Rencana Pengembangan Teknik Operasional Sistem Pengelolaan Sampah Kota Juwana. Jurnal Presipitasi Vol 3. Semarang : Undip

Permen PU No. 3 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga.

PT. Gas Depo Industry. 2016. Jual Gas Methane. http://gasdepo.co.id/jual-gas-methane (1 Agustus 2017).

Rumah Energi. 2015. Peluang Bio-slurry Sebagai Penopang Ekonomi Masyarakat. http://www.biru.or.id/index.php/news/2016/11/11/246/ peluang-bio-slurry-sebagai-penopang-ekonomi-masyarakat.html (27 Juli 2017).

Safitri, Ervita. 2015. Analisis Keputusan Investasi (Capital Budgeting). https://simponi.mdp.ac.id/materi201120121 (14 Juni 2017).

Sistem Penanganan Sampah TPA Kabupaten Pati. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati.

SNI 19-454-2002 Tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan.

Suyitno. 2009, Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBio) yang Dilengkapi dengan Kompresi Biogas, Balitbang Jateng, Indonesia.

Syabani, Muhammad Rizki. 2014. Anaerobic digester (Biodigester) dan Biogas. Bandung : Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung.

Undang Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Departemen PU. Jakarta.

Viradin Y.,Setiana H., & Fauzul R. 2010. “Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kediri”. Jurnal Tata Kota dan Daerah Volume 2. Malang.

Waskito, Didit. 2011. Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Biogas dengan Pemanfaatan Kotoran Sapi di Kawasan Usaha Peternak Sapi. Depok : Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Yogiesti, V., Hariyani, S., & Sutikno, F.R. 2010. Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kediri. Malang : Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Zachrayni, I. 2009. Pembuatan Biogas Dari Limbah Peternakan (Jurnal). Fakultas: Peternakan Undip, Press : Semarang. Dalam, Herlina, Dewi, M., dkk,. 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ