ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA PELAYANAN SHUTTLE BUS DI KOTA MANDIRI

Ferdinand Fassa, Fredy Jhon Philip Sitorus, Tri Nugraha Adikesuma

Abstract


Kemajuan pembangunan yang sangat pesat di kota mandiri berdampak dengan meningkatnya aktifitas masyarakat, peningkatan ini berbanding lurus dengan naiknya penggunaan trasportasi umum dan tingkat pelayanan transportasi umum. Kebutuhan akan transportasi umum yang baik semakin berkembang seiring dengan meningkatnya pembangunan di suatu daerah. Salah satu kemungkinan masalah yang muncul adalah ketidakmampuannya dalam mendorong orang agar beralih moda transportasi dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan massal. Tangerang Selatan, sebagai salah satu  penyangga kota Jakarta berkembang sangat pesat sehingga banyak perumahan-perumahan dan kawasan komersil di kota tersebut. Tangerang Selatan juga didukung oleh beberapa moda transportasi seperti kereta api dan bis pengumpan. Untuk menunjang sistem transportasi umum yang sudah ada  pihak developer di kota Tangerang Selatan telah menyediakan sarana shuttle bus. Shuttle bus ini diadakan guna  melayani masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan yang berfungsi untuk mengantarkan masyarakat  dari rumah ke stasiun kereta api, bis pengumpan, perkantoran maupun kawasan komersil. Objek yang diteliti adalah Shuttle bus yang ada di daerah Serpong Utara, Tangerang Selatan yaitu Suteraloop. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan Suteraloop dengan metode analisa deskriptif melalui survey kepuasan pengguna. Teknik Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan skala Likert dan plot ke dalam diagram Kartesian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 20 indikator pelayanan yang ditanyakan terdapat 4 faktor dengan katergori tingkat kepentingan yang tinggi namun pelayanannya masih rendah yaitu: waktu tunggu di halte cepat/sesuai jadwal,  waktu tempu terbilang cepat/sesuai jadwal, keadaan bus stop, kesediaan hand railing untuk berdiri cukup.

bus kinerjasi


Full Text:

PDF

References


A. Kadyraliev. 2011. Public Transport System in The Capital of Kryrgyzstan: Current Situation and Analysis of Its Performance. 17th International Conference on Urban Transport and The Environment. pp. 239-250.

Beirao dan Cabral. 2007. Understanding Attitudes Towards Public Transport and Private Car: A Qualitative Study. Transport Policy, 14, 478-489. Journal of the World Conference on Transport Research Society

Carlos Gershenson and Luis A. Pineda. 2009. Why Does Public Transport Not Arrive on Time? The Pervasiveness of Equal Headway Instability. Plos One Open Access Journal, Vol. 4: Issue 10

Fellesson, M., and M. Friman. 2008. Perceived satisfaction with public transport services in nine European cities. The Journal of Transportation Research Forum. 47:93-103, Transit Issue

Garling, T., Eek, D., Loukopoulos, P., Fujii, S., Johansson, O., Kitamura, R. 2002. A conceptual analysis of the impact of travel demand management on car use. Transport Policy, 9(1), hal 59-70.

Jeff Halliwell. 2015. Bus Passenger Survey. Laporan Passanger Focus, London.

Margareta Friman, Implementing Quality Improvements in Public Transport, Journal of Public Transportation, Vol. 7 Issue 4, 2004, pp. 49-65.

Munawar, Ahmad., (2011), “ Dasar-dasar Teknik Transportasi”.: Yogyakarta: Beta Offset.

Ruth N. Bolton and James H. Drew, A Longitudinal Analysis of The Impact of Service Changes on Customer Attitudes, Journal of Marketing, 55 (1), 1991, pp. 1-10.

Skinner, E. R., (2003), “Transportation Research Board. TCRP Report 88: A Guidebook for Developing a Transit Performance-Measurement System”, The Federal Transit Administration, Washington D.C.

Smith, M.J., and R.V, Clarke., 2000, Crime And Public Transport. In: Tonry, M. ed. Crime and Justice: “A Review of Research 27”. Chicago: University of Chicago Press.

Tyrinopoulos, Y., dan G. Aifadopoulou., (2008), “A complete methodology for the quality control of passenger services in the public transport business”. European Transport 38: 1-16.

Yim, Y. B & Ceder, Avishai., (2006.) “Smart Feeder/Shuttle Bus Service: Consumer Research and Design”. Journal of Public Transportation, 9 (1): 97-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ