SISTEM DETEKSI DINI BAHAYA KEBAKARAN GEDUNG BERTINGKAT TINGGI AKIBAT KEGAGALAN INSTALASI LISTRIK

Yustinus Upa Sombolayuk, Nadjamuddin Harun, Herman Parung, Zulfajri Basri Hasanuddin

Abstract


Ancaman kebakaran gedung yang disebabkan oleh kegagalan instalasi listrik tetap berlangsung setiap saat, selama ada penggunaan energi listrik dalam gedung. Karena ada banyak penyebab kegagalan instalasi listrik seperti sambungan buruk, kualitas bahan yang tidak memenuhi standard dan instalatur yang tidak profesional. Kemudian metode konvensional seperti deteksi suhu, deteksi asap, dan deteksi nyala api tidak memberikan hasil yang baik, khususnya jika ada percikan bunga api yang tertutup di dalam bangunan gedung.

                Kebakaran adalah salah satu bencana yang paling serius di gedung-gedung tinggi, maka pencegahannya terpaksa memasang peralatan yang mahal tetapi tidak mengharapkan penggunaannya. Sebab itu, penelitian ini menerapkan metode baru pendeteksi kegagalan instalasi listrik dengan pengamatan pada perubahan unjuk sifat sistem, sebagai indikator awal, mulai  terjadinya  proses kebakaran. Pemecahan dengan menerapkan pemodelan dan perumusan berbasis ilmu pengetahuan kecerdasan buatan dalam  membentuk rumusan unjuk sifat sistem yang normal secara tepat. Dengan rumusan tersebut sebagai referensi jika ada perubahan karakteristik yang membahayakan terjadi dalam sistem, sehingga aliran listrik kedalam gedung diputuskan sebelum ada perbaikan. Hasil uji coba di laboratorium menunjukkan tingkat keberhasilannya dapat mencapai 95 hingga 100 persen.

Full Text:

PDF

References


Liu, C. B. and N. Ahuja. 2004. Vision based fire detection. IEEE International Conference on Pattern Recognition, 4:134-137.

Marbach, G., M. Loepfe and T. Brupbacher. 2006. An image processing technique for fire detection in video images. Fire Safety Journal, 41(4):285-289.

Pal, Sankar Kumar and Majumder, Dwijesh Dutta. 1989. Fuzzy Mathematical Approach to pattern recognition. Jakarta UI-Press.

Titarenko, M.V., and I. Noskov-Dukelsky. 1963. .Protective Relaying in Electric Power Systems, Foreign Languages Publishing House, Moscow.

Toreyin, B. U., Y. Dedeoglu, U. Gudukbay, and E. Cetin. 2006. Computer vision-based method for realtime fire and flame detection. Pattern Recognition Letters, 27( 4): 49-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ