SISTEM PENERJEMAH SANDI SEMAPHORE MENGGUNAKAN SENSOR KINECT DENGAN PENGENALAN POLA DELAPAN TITIK

Authors

  • Ratna Aisuwarya Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
  • Nadia Alfitri Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
  • Herry Wahyudi Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Abstract

Salah satu bahasa non-verbal yang cukup terkenal yaitu sandi Semaphore. Namun tidak semua orang yang mengetahui sandi Semaphore, oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat menerjemahkan sandi Semaphore menjadi teks. Sistem ini menggunakan sensor Kinect yang digunakan untuk menangkap image objek. Skeleton data yang didapatkan dari image tersebut kemudian dimanfaatkan untuk mendapatkan koordinat joint (sendi) yang digunakan untuk membuat sebuah pola pengenalan sandi Semaphore menggunakan delapan titik. Pola ini dibuat dengan cara membuat delapan buah titik acuan disekitar tubuh objek yang membentuk lingkaran dengan titik pusat joint bahu tengah objek tersebut. Kemudian jika kedua tangan objek berada pada titik-titik acuan, maka program akan menerjemahkan menjadi huruf dengan cara mencocokkan posisi tangan objek sesuai dengan aturan sandi semaphore. Hasil terjemahan sandi semaphore dikirim ke arduino uno untuk ditampilkan pada led dot matriks 8x8. 

Author Biographies

Ratna Aisuwarya, Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Nadia Alfitri, Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Herry Wahyudi, Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

References

-----, Bagian bagian sensor Kinect, http://www.xbox.com/en-GB/kinect/, Mei 2103

----, Trik Mudah Kuasai Semaphore. pramukanet.org, Diakses 18 Juli 2013.

-----, Model motion gaming, http://www.microsoft.com/en-us/kinectforwindows/ , Mei 2013

Jean, Jared St. 2013. Kinect Hacks. O’Reilly Media Inc. United States of America

Webb, Jarrett., and Ashley, James. Beginning Kinect Programming with the Microsoft Kinect SDK. Apress.

Du, Heng. To., dan TszHang. Hand Gesture Recognition Using Kinect. Boston University Department of Electrical and Computer Engineering, 8 Saint Mary’s Street, Boston, MA 02215

Tang, Matthew. 2011. Recognizing Hand Gestures with Microsoft’s Kinect. Stanford University, Department of Electrical Engineering

Zhang, S., Huang, L. H., dan Yu, D. H., 2006, An Analysis of Information Systems Research in Chinese Mainland, Communications of the AIS, vol. 17, pp 785800.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles