MONITORING SISTEM REFRIGERASI PADA COLD STORAGE BERBASIS SCADA

Haris Isyanto, Dedy Hidayat

Abstract


Sekarang ini banyak pengendalian sistem refrigerasi pada Air Condintioning dilakukan secara manual menggunakan saklar untuk itu peneliti mencoba merancang alat Control dan Monitoring Sistem Refrigerasi Berbasis Scada dengan menggabungkan beberapa teknologi yang berkembang saat ini, dalam perancangannya menggunakan mikrokontroler, perangkat komputer dan juga teknologi nirkaber. Atas dasar alasan inilah, dalam Tugas Akhirnya, penulis membuat sebuah prototive Monitoring Sistem Refrigerasi Pada Cold Storage Berbasis Scada. Sistem ini menggunakan mikrokontroler arduino sebagai pengendali utama, Relay 220 Volt sebagai sakelar dan sebagai input dan relay 5 Volt sebagai output,. LCD 20x4 (M2032) digunakan sebagai display untuk menampilkan hasil pembacaan suhu ruang dan juga pembacaan tekanan pada sisi discharge dan suction . Sebagai pembanding atas pem-bacaan suhu digunakan sensor suhu NTC dan pressure transducer , dan juga menggunakan Ethernet Shield for Arduino untuk koneksi Arduino dengan internet

Full Text:

PDF

References


Dirja. 2004. Dasar-Dasar Mesin Pendingin. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Medilla Kusriyanto, Muhammad Syariffudin ”Mini Scada Berbasis Mikrokontroller Atmega 32 Dengan Kominikasi Modbus RS 485 Dan Sistem Monitoring Menggunakan Visual Basic”.

Hermawan’s Blog ( Refrigeration And Air Conditioning System )

Harjono Priyo S., Ant. Ardath Kristi, Bambang Susanto “ Design Of Automation Control Condensing Unit to Improve Ice Cube Products Using Microcontroller’.

https://www.arduino.cc/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ