PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN TAMBAHAN PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER

Husnibes Muchtar, Bayu Firdaus

Abstract


Maraknya kasus pencurian kendaraan sepeda motor dewasa ini menuntut para pemilik kendaraan bermotor untuk meningkatkan kewaspadaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang system keamanan tambahan pada sepeda motor. Sistem penguncian standar pabrikan dinilai tidak cukup untuk melindungi kendaraan bermotor dari pencurian. Dibutuhkan kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras dalam menciptakan sistem keamanan tambahan. App Inventor adalah sebuah web open source dimana pada web ini dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat di install pada perangkat smartphone android. Sistem scan pada barcode dapat digunakan sebagai kunci ganda pada sistem penguncian kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan adalah membuat sebuah sistem kunci ganda dan sistem alarm pada sepeda motor. Dengan memanfaatkan modul GSM SIM800l dapat dibuat sebuah  sistem alarm berupa panggilan telepon yang dapat  secara langsung memberitahu pemilik kendaraan bermotor tentang perubahan posisi pada sepeda motornya. Penggunaan Modul GPS posisi kendaraan dapat dipantau dengan kordinat yang dikirimkan dan terintegrasi dengan Google Map. Dari hasil pengujian sistem penguncian sepeda motor berbasis aplikasi android App Inventor dan barcode scanner dan juga pengujian Sistem Alarm Panggilan Telepon dan GPS, maka dapat terlihat bahwa waktu pairing pada modul bluetooth cukup cepat


Full Text:

PDF

References


Noviandy,Sandy.2013.”AppInventor”.http://kuliahitsingkat.blogspot.co.id/2013/04/app-inventor.html (diakses 10 september 2016)

”DataMatrixBarcode”.https://en.wikipedia.org/wiki/Data_Matrix_ECC_200. (diakses 15 September 2016)

Kadir,Abdul.2012.”Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroller dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino”.Yogyakarta : Penerbit Andi

A.Rama.2016. “Apa itu sensor proximity?”. http://ramadroid.blogspot.co.id/2013/11/apa-itu-sensor-proximity.html (diakses 13 september 2016)

”NMEA Protocol”. http://www.gendhiss.com/2011/07/nmea-protokol.html. (diakses 4 Januari 2017)

”How does the CSQ value relate to RSSI?”. www.proxicast.com/AbsoluteFM/afmviewfaq.aspx?faqid=36 (diakses 20 Desember 2016)

Kang, Hwansoo et.al.2015.”Application Study On Android Applcation Prototyping Method using App Inventor”.Korea National Open University : Indian Journal of Science and Technology.Ubare, Amrut.2014.” Design and Implementation of GSM based and PID assisted speed control of DC motor”.India : International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering.

Syahriar, Ary.2008.”Universal Control Menggunakan Modul GSM Sony Ericsson GM47”. Jakarta : Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia.

Sujith, G. et.al.2014.”Real-Time Vibration Monitoring in Android Smartphone using Location Based Service”. India : International Journal of InnovativeResearch in Science, Engineering and Technology

”Proximity Switch”. http://electric-mechanic.blogspot.co.id/2012/09/proximity-switch-sensor-jarak.html(diakses 2 Januari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ