PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI KOMODITI BERBASIS WEBGIS UNTUK PERTANIAN PERKEBUNAN DAN KEHUTANAN DAERAH TANJUNG RAYA MANINJAU

Haris Suryamen, Habibi Hsb

Abstract


Komoditi Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan merupakan sektor utama dalam penunjang kebutuhan pangan rumah tangga dan pendapatan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Kecamatan Tanjung Raya terletak di kawasan Maninjau, Propinsi Sumatera Barat dimana kondisi geografisnya berupa perbukitan yang mengelilingi danau Maninjau. Kontur geografise membuat sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan menjadi pilihan utama masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga dan peningkatan perekonomian masyarakat. Untuk menjaga stabilitas harga dan produksi komoditi pertanian, perkebunan dan kehutanan maka dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Komoditi yang dapat menyajikan informasi keberadaan lokasi, koordinat posisi, luasan daerah produksi, menyajikan informasi mengenai harga, fluktuasi perubahan harga, dan dan menampilkan informasi produksi total komoditi pertanian, perkebunan dan kehutanan daerah Maninjau, beserta distribusi penyebaran produksi secara tepat. Oleh karena itu, diperlukan pembangunan Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web untuk Komoditi Pertanian, Perkebunan Dan Kehutanan Daerah Tanjung Raya Maninjau. Aplikasi SIG ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD), yang terdiri dari tahap Requirements planning phase, User design phase, Construction phase dan Cutover phase. Implementasi basis data menggunakan PostgreSQL dan ekstensi PostGIS. Implementasi bahasa pemograman menggunakan PHP, Javascript, dan HTML. Implementasi antarmuka dibangun menggunakan Bootstrap. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox testing. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa SIG yang dibangun telah memenuhi kebutuhan sistem dan permasalahan.

Kata kunci: SIG Berbasis Web, Maninjau, Komoditi, Harga, lokasi.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam, “KecamatanTanjung Raya Dalam Angka 2016”, 2016.

UPT. BP4K2P Kecamatan Tanjung Raya, “ProgramaPenyuluhan UPT BP4K2P Kecamatan Tanjung Raya Tahun2017”, 2017.

Zainuddin, M, “ Aplikasi Sistem Informasi Geografis Dalam Penelitian Perikanan Dan Kelautan. Makalah, disampaikan pada Lokakarya Agenda Penelitian COREM AP II Kabupaten Selayar”, 2014.

Fernando, E, “Sistem Informasi Geografis Untuk PemetaanTempat Kesehatan Di Kota Jambi”, 2012.

Nuban, O, “Aplikasi Mobile Web Geographic InformationSystem (Webgis) Pariwisata di Kabupaten Rote Ndao”,2014.

PostgreSQL, About PostgreSQL. http://postgresql.org/about, 2016.

Kundyanirum, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata KotaSemarang. Teknik Sistem Komputer”, 2013.

Syukur, M, “Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Berbasiskan Ruang dengan Konsep GIS”, Fakultas Teknik Universitas Andalas, 2011.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K).

Republik Indonesia, Undang-undang Republik IndonesiaNomor 8 Tahun 2004 tentang perkebunan.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka dan Komoditi

Pugas, D.O., Somantri, M. and Satoto, K.I, “Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dan Astar (A*) pada SIG Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kota Sawahlunto”, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ