SISTEM PEMILIHAN PROGRAM STUDI BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN KECERDASAN CALON MAHASISWA BERBASIS ONLINE

Safitri Jaya, Chaerul Anwar, Hendi Hermawan

Abstract


Tes bakat dan minat sering diujikan kepada calon peserta ujian dengan tujuan untuk membantu merencanakan dan membuat keputusan mengenai sebuah pilihan. Melalui hasil tes, dapat diperoleh bagaimana tingkat kesiapan calon peserta untuk mengikuti pendidikan serta mengetahui sedini mungkin bakat-bakat yang mereka miliki. Dalam proses penerimaan calon mahasiswa saat ini, Universitas Pembangunan Jaya hanya mengacu kepada hasil prestasi belajar, sehingga tidak diketahui apa yang menjadi minat serta bakat dari calon mahasiswa. Hal ini berdampak ketika mahasiswa menjalani akademik, prestasi yang diperoleh tidak maksimal, kurangnya keseriusan dalam mengikuti pelajaran, bahkan banyak yang putus di tengah jalan. Salah satu penyebab hal ini terjadi adalah kesalahan mahasiswa untuk memilih program studi yang sesuai dengan bakat serta minat mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi tes bakat, minat dan kecerdasan calon mahasiswa sebagai tahap awal untuk mengetahui pilihan yang tepat terhadap program studi. Proses pengambilan keputusan untuk minat didasarkan pada teori Holland, untuk bakat didasarkan pada teori Howard dan untuk kecerdasan didasarkan pada teori IST (Intelligence Structure Test). Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk mengetahui validitas skoring dalam menentukan dua kode ringkas tertinggi beserta saran dalam pemilihan program studi berdasarkan kamus Holland dan IST. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah model sekuensial linier. Hasil penilaian menyebutkan bahwa aplikasi tes bakat, minat dan kecerdasan memiliki tingkat akurasi perhitungan yang baik dan dapat digunakan dalam pelaksanaan tes bakat, minat dan kecerdasan calon mahasiswa berbasis online.

 

Kata kunci : bakat, minat, kecerdasan, teori Holland, IST (Intelligence Structure Test)


Full Text:

PDF

References


Anastasi, Anna., Susana Urbina. 2007. Tes Psikologi. Edisi Ketujuh. (TerjemahanRobertus Hariono S. Imam. Jakarta: Indeks).

Atkinson, Rita L., Richard C. Atkinson, Ernest R . Hilgard. 1997. PengantarPsikologi. Edisi Kedelapan. (Terjemahan Agus Dharma dan MichaelAdryanto. Jakarta: Erlangga).

Barak, Azy, dan Nicole English. 2002. Prospect and Limitations ofPsychological Testing on the Internet. Journal of Technology in HumanServices 19(2-3): 65-89.

Febriana, Ely. 2013. Pengembangan Aplikasi Test Karir Holland (SDS) denganMenggunakan PHP dan MYSQL.137http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/3374/3/T1_132009031_BAB%20II.pdf. 02 Maret 2015 (22:35).

Lubis, Fitriani Yustikasari. 2008. Pengembangan Alat Ukur Minat untukPengembangan Karir pada Lulusan Sekolah Menengah Atas. LaporanPenelitian. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Nur‟aeni. 2012. Tes Psikologi : Tes Inteligensi dan Tes Bakat. UniversitasMuhammadiyah Purwokerto Press. Purwokerto


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ