Studi Potensi Mineral Berbasis Karbonat di Kabupaten Sumenep

Eko Sulistiyono

Abstract


Kabupaten Sumenep yang berada di ujung Pulau Madura, Propinsi Jawa Timur terkenal dengan produksi garam di Indonesia. Selain produksi garam, potensi sumberdaya alam lainnya yang belum dimanfaatkan secara optimal adalah mineral berbasis karbonat seperti dolomit dan batu kapur. Hingga saat ini berdasarkan pengamatan diketahui bahwa mineral tersebut hanya digunakan sebagai bahan baku bata untuk bangunan dan tanah urug.  Pada tulisan ini akan dipaparkan potensi mineral berbasis karbonat yang berasal dari studi literatur dan pengambilan sampel mineral berbasis karbonat. Telah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 13 titik dengan merujuk pada data lembar geologi Kabupaten Sumenep dengan mengambil sampel dari Formasi Madura, Formasi Ngrayong dan Formasi Aluvial. Dari hasil identifikasi batuan berbasis karbonat dari pesisir utara Kabupaten Sumenep dapat diperoleh informasi batuan tersebut cenderung bersifat batuan kalsium dibandingkan dengan magnesium sehingga diarahkan untuk industri kalsium karbonat presipitat. 


Full Text:

PDF

References


Anonim, Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur.1996. Memperkenalkan Bahan Galian Golongan C di Jawa Timur , Dolomit : Dinas Pertambangan Daerah Propinsi Jawa Timur.

Anomim, Pemerintah Kabupaten Sumenep. 2017. Selayang Pandang Kabupaten Sumenep : Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep, Jl. KH. Mansyur No.31 Sumenep.

Bemmelen, Van R.W.1949. The Geology Of Indonesia, Martinus Nyhoff, The Haque, Nederland.

E.Sulistiyono, F.Firdiyono, NC Natasha, Y Amalia.2017.Comparison of Dolomite Chrystal Structure, Calcination Dolomite and Magnesium Hydroxyde In Partial Calcination and Slaking Process: IOP Conf. Series : Materials Science and Engineering 176.012041

Moh.Iqbal Fanani.2014. Interprestasi Struktur Bawah Permukaan Daerah Potensi Panas Bumi Berdasarkan Data Geomagnetik ( Studi Kasus di Daerah Sumber Air Panas Desa Lombang , Kecamatan Batang-batang , Kabupaten Sumenep : Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Situmorang, R.L, Agustianto, D.A dan Suparman. 1992. Geologi Lembar Waru Sumenep Skala 1:100.000 : Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Tri Suharman, Elys Fauziyah, Fuad Hasan 2011. Analisis Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep : Jurnal Embriyo Vol 8. No.2 ISSN : 01260188 Jurusan Agrobisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo, Bangkalan – Madura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ