DAMPAK PENGURANGAN EMISI GAS RUMAH KACA PADA PEMANFAATAN POME UNTUK PEMBANGKIT

Agung Wijono

Abstract


Perkebunan kelapa sawit di seluruh Indonesia total mencapai sekitar 12,3 juta hektar, yang menghasilkan minyak kelapa sawit (CPO) sekitar 35,3 juta ton pada tahun 2017. Pada industri kelapa sawit menghasilkan limbah cair pabrik kelapa sawit atau POME (Palm Oil Mill Effluent) yang menghasilkan gas metan dan berpotensi besar memberi dampak emisi gas rumah kaca (GRK). Sebagai solusinya adalah dengan menangkap gas metan dari POME tersebut untuk dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Dalam tulisan ini dilakukan kajian adanya potensi biogas dari POME yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk membangkitkan mesin genset maupun boiler, sekaligus dilakukan perhitungan dan analisa adanya pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dengan memanfaatkan limbah POME tersebut. Metoda penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai referensi terkait, dan melakukan kajian dampak lingkungan dari potensi emisi GRK yang dihasilkan limbah POME. Dalam kajian ini selain dihitung potensi energi yang dihasilkan juga dihitung potensi pengurangan emisi GRK yang dihasilkan, sehingga diketahui emisi faktor dari energi alternatif biogas tersebut. Hasil kajian ini diharapkan bisa mendorong pemanfaat energi alternatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 


Full Text:

PDF

References


Ditjen Perkebunan Kementan, 2017, Statistik Perkebunan Kelapa Sawit 2015-2017, Jakarta, Januari.

Gheewala, Shabbir H., 2013, Study on GHG Calculation for Thai Palm Oil Industry, Office of Agricultural Economics, Bangkok.

Guinée, Jeroen B., 2002, Handbook on Life Cycle Assessment: Operasional guide to the ISO standards, Kluwer Academic Publishers, The Netherlands.

Pahan, Iyung, 2008, Panduan Lengkap Kelapa Sawit, Managemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir, Jakarta, Penebar Swadaya.

Pleanjai, Somporn, 2009, Full Chain Energy Analysis of Biodiesel Production from Palm Oil in Thailand, Applied Energy, Volume 86, Supplement 1, November, Pages S209-S214.

PTPN V, 2013, Data Tandan Buah Segar Olah di Pabrik Kelapa Sawit PTPN-V.

Winrock International, 2015, Konversi POME Menjadi Biogas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ