SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS JARINGAN DISTRIBUSI DAN GARDU INDUK PLN DI KOTA PALEMBANG

Suzi Oktavia Kunang, Ilman Zuhriyadi

Abstract


Kota Palembang merupakan ibukota Propinsi  Sumatera Selatan dengan batas wilayah yaitu di sebelah utara, timur dan barat dengan Kabuaten Banyuasin, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim. Hampir seluruh wilayah di Palembang  telah dialiri oleh listrik. Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan PT. PLN(Persero)WS2JB membutuhkan sebuah Sistem informasi geografis (SIG) yang memiliki manfaat yang besar dalam menyederhanakan proses pengelolaan data, khususnya data spasial dan data non spasial dalam bentuk digital.

 

Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Informasi Geografis Peta  Jaringan distribusi listrik dan Gardu Induk  PT.PLN(Persero)WS2JB di Kota Palembang menggunakan Arc GIS 10.2, dengan menggunakan metode pengembangan sistem prototyping, sehingga hasil pemetaan tersebut dapat  menampilkan lokasi  Gardu induk, Gardu Distribusi PT.PLN(Persero)WS2JB di wilayah kota Palembang  yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengetahui lokasi  keberadaan  aset PT.PLN(Persero)WS2JB yang ditampilkan secara simultan dengan data komponen yang ada di dalam gardu induk sehingga nantinya dapat digunakan dalam menganalisa letak dan kondisi sistem pendistribusian tenaga listrik  serta menjadi sumber data yang dapat dipercaya dalam proses kajian kebijakan dan pengambilan keputusan yang cepat dan optimal untuk melayani ketersediaan listrik  kepada konsumen di kota Palembang.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, jaringan distribusi listrik, gardu induk, ArcGIS 10.2

Full Text:

PDF

References


Awaluddin, N. 2010, ”Geopraphical Information System with ArcGis 9.x edisi 1”, Andi, Yogyakarta.

Ekadinata dkk. 2008, “Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam”. Bogor: World Argoforestry Centre (ICRAF).

Mc Leod Jr.Raymond. 2001”Sistem Informasi Manajemen “,Edisi 7 , Jakarta PT. Prenhalindo

Prahasta, E. 2009, ”Sistem Informasi Geografis konsep-konsep dasar perspektif geodesi & Geomatika”, Informatika:Bandung.

Soenarmo, Sri.H. 2009. “Penginderaan Jauh dan Pengenalan Sistem Informasi Geografis untuk Bidang Ilmu Kebumian” Penerbit ITB: Bandung

Wibowo, A. 2007, “16 Aplikasi PHP Gratis untuk Pengembangan Situs Web”. Yogyakarta: Andi; Semarang.

Zanzad, F. H, 2005 “Tutorial Dreamweaver MX dan Dreamweaver MX 2004”, Indah, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ