PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK (STUDI KASUS: PT.VIVAMAS ADIPRATAMA)

Riman Irfanto, Johanes Fernandes Andry

Abstract


PT.Vivamas Adipratama merupakan sebuah Perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang bergerak dalam bidang usaha perakitan industri sepeda motor roda dua dan tiga yang berusaha memberikan solusi bagi kebutuhan alat transportasi untuk masyarakat dengan memberikan prinsip Total Solution yakni dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan memadukan sinergi antara teknologi dan sistem informasi. Membangun sistem-sistem yang terintegrasi di dalam perusahaan memerlukan perencanaan yang sangat matang dan terencana agar dapat memperhatikan semua pemangku kepentingan di dalam perusahaan. Merencanakan keseluruhan sistem termasuk di dalamnya adalah mencakup semua aspek organisasi dan bisnis adalah apa yang dikenal dengan sebutan Enterprise Architecture (EA). EA digunakan untuk menganalisis, mengintegrasikan, dan mendokumentasikan arsitektur di perusahaan. Pemanfaatan yang semakin efektif dan efisien dari IS dan IT mendukung kegiatan bisnis, mencapai Salah satu kerangka kerja yang membahas masalah dalam pembangunan sistem informasi di perusahaan dari berbagai sudut pandang adalah Zachman Framework. Pemanfaatan yang semakin efektif dan efisien dari sistem informasi (SI) dan teknologi infomasi (TI) yang mendukung kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan dan layanan organisasi bagi pemangku kepentingan. Tujuan ini diharapkan dapat dicapai secara optimal bila terjadi sinergi antara strategi SI dan TI dengan strategi bisnis perusahaan.

 

Kata kunci: PT.Vivamas Adipratama, Enterprise Architecture, Zachman Framework


Full Text:

PDF

References


Saputra, D. 2015. Perancangan Enterprise Architecture Zachman Framework Untuk Jasa Pasang Baru Dan Tambah Daya Listrik Pada Perusahaan Jasa Listrik Swasta. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol 3, No. 1

Tyas, T.S., Tarmuji, A. 2013. Perancangan Enterprise Architecture Planning(EAP) Pada Proses Manajemen Aset Dengan Zachman Framework. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Vol 1, No. 1.

Surendro, K. 2007. Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Jurnal Informatika. Vol 8, No. 1.

Yunis, R., Surendro, K. 2009. Model Enterprise Architecture Untuk Peguruan Tinggi Di Indonesia. Seminar Nasional Informatika.

Slamento, A.A., Utami, E. & Pangera, A.A. 2012. Analisis Dan Desain Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Komputer Dengan Zachman Framework. Jurnal Teknologi Informatika. Vol 7, No. 21.

Falahah., Rosmala, D. 2010. Penerapan Framework Zachman Pada Arsitektur Pengelolaan Data Operasional (Studi Kasus SBU Aircraft Service, PT.Dirgantara Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi Yogyakarta.

Safarina, I., Raharjana, I.K. & Purwanti, E. 2015. Perencanaan Arsitektur Perusahan Untuk Pengelolaan Aset Di PT.Musdalifah Group Menggunakan Kernagka Kerja Zachman. Journal Of Information System Engineering And Business Intelligence. Vol 1, No. 2.

Sudrajat, A.W. 2014. Penerapan Framework Zachman Dalam Perancangan Arsitektur Sistem Manajemen Penyusunan anggaran Keuangan Daerah (Studi Kasus UPTD Graha Teknologi Sriwijaya). Citec Journal. Vol 2, No. 1.

Tarmuji, A., Hastiany. 2013.

Pembuatan Enterprise Architecture Dengan Mnggunakan Kerangka Kerja Zachman (Studi Kasus Pimpinan Pusat Muhamadiyah. Jurnal Informatika. Vol 7, No. 1.

Adhani, M., Abdillah, L.A. & Widayati, Q. 2015. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa baru dan Pembayaran SPP Menggunakana Zachman Framework. Seminar Nasional Informatika.

Christianti, M., Imbar, R.V. 2007. Pemodelan Enterprise Architecture Zachman Framework Pada Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Marantha Bandung. Jurnal Sistem Informasi. Vol 2, No. 2.

Kurniawan, B. 2016. Enterprise Architecture Planning Sistem Informasi Pada Perguruan Tinggi Swasta dengan Zachman Framework. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol 9, No. 1.

Sardi, I.L., Surendro, K. 2016. Rekomendasi Perancangan Arsitektur Enterprise Pascamerger (Studi Kasus Universitas Telkom). Journal On Computing. Vol 1, No. 1.

Supardi, R. 2016. Pengembangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan EAP Pada Perguruan Tinggi (Studi kasus Di Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama. Vol 12, No. 1.

Riyadi, S., Soedijono, B.W.A. & Amborowati, A. 2015. Pemodelan Enterprise Architecture Pelayanan Di RSUD Murjani Sampit. Citec Journal. Vol 2, No. 4.

Putra, G.M., Syukur, A. 2013. Pemodelan Arsitektur Enterprise Untuk Mendukung Sistem Informasi Terintegrasi Menggunakan Enterprise Architecture Planning Di SMP RSBI Negeri 7 Tegal. Jurnal teknologi Informasi. Vol 9, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ