PENERAPAN DASHBOARD SYSTEM DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS MENGGUNAKAN TABLEAU PUBLIC

Meza Silvana, Ricky Akbar, Rahayu Tifani

Abstract


Perpustakaan Universitas Andalas dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi oleh mahasiswa, dosen, dan pegawai di lingkungan Universitas Andalas. Perpustakaan ini menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) dalam mengelola data pada transaksi peminjam buku, namun aplikasi SLiMS tersebut belum mampu membantu manager dalam menghasilkan laporan yang sesuai dengan kebutuhannya dengan cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan  penerapan metode Business Intelligence (BI) yang menggunakan aplikasi tableau public yang berbasis dashboard system di perpustakaan tersebut. Data yang dipilih adalah transaksi dalam peminjaman buku seperti data peminjaman buku, jenis buku, dan denda akibat keterlambatan dalam pengembalian buku. Dalam penerapan metode ini, ada (5) lima fase yang dilakukan. Fase pertama adalah fase justification. Fase ini membahas evaluasi terhadap kebutuhan bisnis. Kemudian fase planning, dengan mengevaluasi infrastuktur dan planning project. Setelah itu fase business analysis, yang berfokus dalam melakukan analisis yang mendetail dari masalah dan peluang bisnis dari implementasi BI. Selanjutnya adalah fase design, yaitu melakukan proses desain data warehouse dan desain ETL. Kemudian dilanjutkan dengan fase construction, yaitu memilih tools yang digunakan pada tahap desain. Fase yang terakhir adalah fase deployment, yaitu mengimplementasikan aplikasi BI yang dipilih dan mengevaluasi hasilnya. Hasil dari penelitian ini adalah laporan berupa beberapa dashboard seperti dashboard peminjaman buku pertahun, dashboard peminjaman buku, dashboard buku yang sering dipinjam, dan dashboard pengembalian buku, dashboard peminjam yang banyak membayar denda yang dapat membantu manajer sehingga mudah memahami informasi yang ditampilkan dengan cara membandingkan hasil visualisasi data dalam beberapa bentuk berbeda karena informasi yang ditampilkan berada dalam satu frame. Hasil dashboard ini juga dapat dikonversi dalam bentuk pdf, image, atau tabel, sehingga informasi dapat didokumentasikan dengan cepat.

 

Kata kunci: Business Intelligence, Perpustakaan, Dashboard System, Tableau Public

Full Text:

PDF

References


Ariani, T. R., Tania, K. D., & Indah, D. R. (2013). Penerapan Business Intelligence pada Sistem Informasi Penjualan Barang Pt. Winsa (Studi Kasus di Pt. Winsa Palembang).

Connoly, T., & Carolyn , B. (2005). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management (4th Edition ed.). USA: Addison Wesley, Longman Inc.

Golfarelly, R. (2009). Data Warehouse Design : Modern Principles and. Mc Graw Hill, New York.

Hendri, A. A. (2010). Digital Library Modelling Supporting For Knowledge Management. Jurnal CCIT, 3, 300-310.

Indrajani. (2009). Sistem Basis Data dalam Paket Five in One.

Inmon, w. (2005). Building the Data Warehouse, 4th Edition.

Jogiyanto, ,. H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis.

Martono, A. d. (2013). Rancang-Bangun Business Intelligence Pada Perpustakaan Sekolah Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cisoka. ATMIK AMIKOM.

Moss, L., & Atre, S. (2003). Business Intelligence Road Map : The Complete Project LifeCycle For Decission Support Application. Boston, MA: Addison Wesley.

Noferianto, T. (2010). Dashboard BI, The Powerfull Data Visualization.

Patrick Setiawan, dkk. (2013). Business Intelligence pada PT. Sinarmas Asset Management. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Poerbo, d. (2016). Visualisasi Informasi Data Perguruan Tinggi dengan Data Warehouse dan Dashboard System.

Ponniah, P. (2010). Data Warehouse Fundamental for IT Proffesionals (second edition ed.). Jhon Willy and sons, inc.

Poonam, K. (2012). Impact of Business Intelligence Systms In Indian Telecom Industry. Business Intelligence Journal, 358-366.

Prasetyo, E., Nugroho, L. E., & Aji, M. N. (2012). Perancangan Data Warehouse Sistem Informasi Eksekutif untuk Data Akademik Program Studi. JNTETI, I.

Sismanto. (2008). Manajemen Perpustakaan Digital.

Sulianta, F. D. (2010). Data Mining Meramalkan Bisnis Perusahaan.

Sun, M., & Zhao, J. (2017, April). Digital Media Commons. Retrieved from www.tableau.com.

Supriyanto, Wahyu, & Muhsin, A. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta.

Tableau Team. (2017). Tableau Public. Washington: Diakses pada tanggal 21 April 2017 https://www.tableau.com/products/desktop.

Tantra, R. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi.

Wiak, d. (2010). Business Intelligence Is Not Only For Business Purposes – Business Intelligence In e-Matura, In World Conference on Technology and Engineering Education. 31-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ