MODIFIKASI ALGORITMA CAESAR CHIPER DAN RAIL FENCE UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN TEKS ALFANUMERIK DAN KARAKTER KHUSUS

Retnani Latifah, Sitti Nurbaya Ambo, Syafitri Indah Kurnia

Abstract


Saat ini pertukaran data teks secara digital melalui jaringan internet publik telah banyak dilakukan. Salah satu permasalahan yang muncul dari hal tersebut adalah keamanan teks yang dipertukarkan. Metode Caesar Cipher dan Rail Fence adalah metode enkripsi klasik yang dapat digunakan untuk mengamankan pesan teks, namun masih tergolong lemah jika diterapkan sendiri-sendiri. Metode Caesar Cipher terutama memiliki kendala tidak bisa mengamankan teks yang berisi ASCII printable characters (alfanumerik dan karakter-karakter khusus). Penelitian ini mengusulkan penggabungan modifikasi Caesar Cipher dan Rail Fence, yaitu dengan menggunakan modulus 95 untuk pergeseran Caesar Cipher karena jumlah ASCII printable characters adalah 95 dan menerapkan susunan reverse order untuk setiap pembacaan baris hasil penerapan metode Rail Fence. Dari hasil pengujian dengan lima teks berbeda dan kombinasi nilai kunci pergeseran dan kedalaman Rail Fence, diketahui bahwa usulan metode mampu melakukan enkripsi dan dekripsi secara tepat terutama jika nilai kunci pergeseran antara 1-95. Cipher text hasil enkripsinya cukup tahan dengan serangan Brute Force karena susunan cipher text sudah diacak dengan Rail Fence dan dilakukan reverse order untuk setiap barisnya.

Kata kunci: kriptografi, Caesar Cipher, Rail Fence, keamanan teks, modifikasi

Full Text:

PDF

References


Dar, S.B. 2014. Enhancing the Security of Caesar Cipher Using Double Substitution Method. International Journal of Computer Science & Engineering Technology (IJCSET). Vol 5, No. 07.

Jain, A., Dedhia., R. & Patil, A. 2015. Enhancing the Security of Caesar Cipher Substitution Method using a Randomized Approach for more Secure Communication. International Journal of Computer Application. Vol 129, No. 13.

Kurnia, S.I. 2017. Implementasi Algoritma Caesar Cipher dalam Pengamanan Pesan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta : Teknik Informatika UMJ

Saranya, K., Mohanapriya, R. & Udhayan, J. 2014. A Review on Symmetric Key Encryption Techniques in Cryptography. International Journal of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR). Vol 3, Issue 3.

Setyaningsih, E. 2015. Kriptografi & Implementasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Siahaan, A.P.U. 2016. Rail Fence Cryptography in Securing Information. International Journal of Science & Engineering Research (IJSER). Vol 7, Issue 7.

Singh, A. Nandal, A. & Malik, A. 2012. Implementation of Caesar Cipher with Rail Fence for Enhancing Data Security. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering (IJARCSSE). Vol 2, Issue 12.

Krisna, I.M. 2011. Rail Fence Cipher C# Source Code. http://www.imkrisna.com/blog/2011/01/rail-fence-cipher-c-source-code-2/ (diakses tanggal 29 September 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ