PENGEMBANGAN PROGRAM APLIKASI UNTUK MEMBANTU MENGHAFAL PERKALIAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID

Cantiqa Putri Larashati, Ester Lumba

Abstract


Perkalian sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar, namun ternyata banyak anak-anak yang masih belum bisa menghafal perkalian. Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk membuat aplikasi permainan yang ditujukan kepada anak usia 6 sampai 8 tahun agar dapat membantu mereka menghafal perkalian. Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah Interactive Multimedia System of Design and Development (IMSDD) yang dikembangkan oleh Dastbasz. Proses pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan Unity. Dalam permainan tersebut anak-anak diminta berkeliling di sekitar field untuk mencari papan pertanyaan. Pertanyaan di papan tersebut berupa perkalian. Permainan akan dijalankan menggunakan virtual reality. Hasil dari pengembangan aplikasi berupa sebuah aplikasi permainan yang dijalankan pada smartphone Android yang dilengkapi dengan sensor gyroscope. Permainan dapat berjalan lancar pada smartphone Android dengan sistem operasi Jelly Bean dengan RAM minimal 2 GB. Berdasarkan hasil uji dari user experience, anak-anak menjadi termotivasi dalam menghafal perkalian untuk dapat bermain dengan lebih baik.

Kata kunci:  IMSDD, Perkalian, Unity,  Virtual Reality

Full Text:

PDF

References


Riki Amalia Suryana, "Pengembangan Media Brosur Berbasis Augmented Reality Pada Pembuatan Gedung Fakultas Virtual Universitas Pendidikan Indonesia dalam Bentuk Objek 3D," pp. 33-35, 2012.

Murtiwiyati; Lauren, Glenn, "Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android," Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, vol. 12, p. 2, Desember 2013.

Hesti Mayasari, "Analisis Perilaku Pembelian Ponsel Cerdas: Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumen di Kota Padang," Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 3, pp. 97-98, Januari 2012.

Yudi Nugraha Bahar, "Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur," Jurnal Desain Konstruksi, vol. 13, p. 35, Desember 2014.

Asfari, Ully; Setiawan, Bambang; Sani, Nisfu Asrul;, "Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality," Jurnal Teknik ITS, vol. 1, pp. A541 - A542, September 2012.

Suprapto , Kadarisman Tejo Yuwono, Totok Sukardiyono, and Adi Dewanto, Bahasa Pemrograman untuk Sekolah Menengah Kejuruan, Ratu Amilia Avianti, Ed. Indonesia: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Nia Rusmania, "Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul," Skripsi, p. 14, Januari 2015.

Agus Suheri, "Animasi Multimedia Pembelajaran," Animasi Multimedia Pembelajaran, vol. 2, p. 29, Desember 2006.

Gunawan. (2017, May) Informasi Seputar Teknologi. [Online]. http://haiwiki.info/teknologi/sensor-smartphone-android/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ