SISTEM MONITORING BANJIR PADA JALAN MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE DAN MODUL WI-FI

Dwi Rahma Ariyani, Zaini Zaini, Rahmi Eka Putri

Abstract


Banjir merupakan salah satu bencana alam yang kerap terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Peristiwa banjir pada jalan berdampak negatif bagi kelancaran lalu lintas. Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi yang diterima oleh pengguna jalan tentang kondisi jalan yang akan dilewati. Pada penelitian ini dirancang sistem monitoring banjir yang bekerja secara otomatis dengan cara mengetahui ketinggian permukaan air pada jalan. Sistem monitoring ini dilakukan dengan mengimplementasikan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler yang mengukur ketinggian permukaan air. Sistem ini juga menggunakan aplikasi mobile sebagai interface dari sistem serta modul Wi-Fi untuk pengiriman data ke server. Aplikasi yang digunakan memberikan informasi ketinggian air di tiga ruas jalan dengan tampilan Google Maps. Hasil pengujian perancangan sistem ini memiliki keakurasian pada sensor ultrasonik yang menghasilkan tingkat rata-rata error maksimal sebesar 7% dengan selisih ketinggian air rata-rata 2.1cm, serta informasi dapat diterima oleh pengguna jalan setiap menit (pengujian dilakukan dengan 20 pengguna jalan mengakses aplikasi secara serentak) dengan kecepatan akses internet yang digunakan pada sistem rata-rata sebesar 2.01-2.50 Mbps.

 

Kata kunci: sistem monitoring banjir, aplikasi mobile, modul Wi-Fi, Google Maps


Full Text:

PDF

References


ESP8266EX Datasheet, http://www.esp8266.com/wiki/lib/exe/fetch.php?media=0aesp8266_datasheet_en_v4.3.pdf, diakses pada tanggal 15 Desember2015, pukul 20.00 WIB.

Hani, Slamet. “Sensor Ultrasonik SRF05 Sebagai Memantau KecepatanKendaraan Bermotor”. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas TeknologiIndustri. IST AKPRIND. Yogyakarta.

Kusuma, J.M., Suwito., Tasripan. “Rancang Bangun Sistem Peringatan DiniBanjir Berbasis Mikrokontroler Atmega32”. Jurusan Teknik Elektro,Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Sepuluh November.Surabaya.

Ohara, G.J. 2005. “Aplikasi Sistem Monitoring Berbasis Web untuk OpenCluster”. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Telkom. Bandung.

Pakpahan, Fredy S. 2015. Aplikasi Wisata Sumut Memanfaatkan FasilitasGoogle Map Pada Smartphone Berbasis Android. UniversitasSumatera Utara. Medan

Sendari, Siti. 2010. “Simulasi Informasi Banjir Jalan Raya di Dalam Kota”.Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi. Yogyakarta.

Suleman, Muhammad. “Replika Sistem Atap Otomatis Untuk PelindungBenda Terhadap Hujan Berbasis Mikrokontroler AT89S52”. FakultasIlmu Komputer dan Teknologi Informasi. Universitas Gunadarma.Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ