PERANCANGAN SMART PARKING SYSTEM PADA PROTOTYPE SMART OFFICE BERBASIS INTERNET OF THINGS

Dony Susandi, Wawan Nugraha, Sandi Fajar Rodiyansyah

Abstract


Manusia dan peradabannya tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Internet of Things (IoT) menjadi salah satu teknologi komunikasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Kendaraan sebagai penunjang efektivitas dan efesiensi dinamika kehidupanmanusia membutuhkan tempat/lahan parkir yang memiliki keleluasaan, kenyamanan, keamanan dan lainnya lagi yaitu efektifitas sistem perparkiran. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu agar sistem perparkiran mampu melakukan manajemen perparkirannya secara mandiri dan memenuhi harapan pemilik kendaraan.Metode penelitian diawali dengan mengidentifikasi permasalahan hingga menentukan metode pengembangan sistem,dilanjutkan dengan pengumpulan datadan pustaka, pengembangan sistem, hingga dihasilkannya smart parking system. Perancangan smart parking system terdiri komponen identifikasi menggunakan metode Automatic Number Plate Recognitiondengan algoritma KNN, komponen pengendali sistem terdiri dari Raspberry pi dan Arduino Uno r3 tersimpan pada ruang kontrol yang memanfaatkan pin digital dan pin analog untuk transimi data/instruksi, komponen manajemen lokasi parkir yaitu perangkat lunak yang dihasilkan dengan menggunakan Arduino IDE, Python, MIT App Inventor, Fritzing dan Cayenne untuk mengintegrasikan Raspberry Pi dengan Arduino Uno r3 pada smart parking system. Hasil uji coba pendeteksian pada plat nomor kendaraan menujukkan tingkat keberhasilan mencapai 60% dari 10 plat nomor yang berbeda. Melalui sistem manajemen parkir, pemilik kendaraan diarahkan ke tempat parkir kosong dengan tingkat keamanan yang relatif tinggi, dimana setiap kendaraan yang masuk kedalam sistem harus teridentifikasi dan diberikan kode akses keluar dengan memanfaatkan QR Code yang diberikan pada saat memasuki sistem.

 

Kata Kunci : Smart Parking System, ANPR, IoT, Arduino r3, Raspberry Pi.

Full Text:

PDF

References


Al-Jabari, M. R., 2016. Pembangunan Sistem Monitoring dan Kontrol Alat Elektronik Menggunakan Internet Of Things, Bandung: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Furdik, K., Lukac, G., Sabol, T. & Kostelnik, P., 2013. The Network Architecture Design for an Adaptable IoT-based Smart Office Solution. International Journal of Computer Networks and Communications Security.

Nasher, G. A. & Lestariningati, S. I., 2016. Sistem Pengontrol dan Penjadwalan Rumah Pintar Berbasis Android, Bandung: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Pancorowati, M. H., 2015. Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Ejournal UNESA.

Ranata, A., Arif, S. N. & Yusnidah, 2015. Perancangan Prototipe Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Jurnal Ilmiah Saintikom (Sains dan Komputer).

Sommerville, I., 2010. Software Engineering. ninth ed. Massachussets: Addison Wesley.

Sumnajouw, D. F., Meicsy E. I. Najoan, S. M. & Sherwin R. U. A. Sompie, S. M., 2015. Perancangan Sistem Keamanan Rumah Tinggal Terkendali Jarak Jauh. E-Journala Teknik Elektro dan Komputer, p. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ