ANALISIS TINGKAT RISIKO ERGONOMI PADA POIN KERJA CHASSIS AND TIRE DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DI DEPARTEMEN ASSEMBLY FRAME PT. X (INDUSTRI PERAKITAN MOBIL)

Popy Yuliarty, Stefany Soegiyanto

Abstract


Penyakit myalgia (nyeri otot), Lowback pain, musculoskeletal disorders merupakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh cara kerja yang tidak sesuai postur tubuh atau tidak ergonomis. Penelitian dilakukan di departeman Assembly Frame (AF) dikarenakan hasil observasi peneliti yang menemukan banyaknya kasus  postur janggal / melebihi batasan sudut normal sehingga menimbulkan keluhan myalgia terbesar.Rumusan masalah penelitian ini adalah Berapa tingkat  risiko ergonomi  terhadap  keluhan nyeri otot  (myalgia) pada karyawan di departemen AF poin kerja chassis and tire  PT. X,  apa saja bagian  tubuh yang paling banyak/ sering mengalami nyeri otot pada  karyawan  di departemen AF poin kerja chassis and tire di PT. X  serta apa rekomendasi perbaikan yang tepat untuk mengurangi/ menyelesaikan permasalahan karyawan terhadap keluhan nyeri otot  (myalgia) pada departemen AF (Assembly Frame) poin kerja chassis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko ergonomi pada karyawan, yang diukur melalui postur janggal pada poin kerja chassis & tire di departemen assembly frame PT. X. Metode yang digunakan adalah Rapid Entire Body Assessment (REBA) serta penggunaan Quisinare Nordic Body Map. Hasil akhir penelitian ini adalah skor 11, 10, 11, 11, 10 dengan penjelasan risiko tinggi dan risiko sangat tinggi. Berdasarkan hasil kuesioner yang menggunakan Nordic Body Map Questioner diketahui bahwa bagian tubuh yang paling banyak mengalami sakit yaitu pinggang. Sehingga harus dilakukan perbaikan segera dan terhadap manusia dan design meja kerja untuk meminimalisir keluhan myalgia.


Full Text:

PDF

References


Fauzia, I.A.N., (2012), GambaranTingkat Risiko Dan Keluhan Cumulative Trauma Disorder (CTDs) Pada Pekerja Assembly Line PT. NGK Busi Indonesia, Skripsi Keselamatan Kerja, FKM UI: Depok.

Ginting, P., Matondang, R., Buchari, (2013), Analisis Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Bagian Produksi Dengan 5S Dalam Konsep Kaizen Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di PT. XYZ, Jurnal Teknik Industri, FT USU, (vol.3)(No.5)Hal.2-34.

Harrianto, R., Sulistio, J., Rachmawaty, M.R., Samara, D., (2006), Pola Kerja Sebagai Faktor Risiko Terjadinya Occupational Overuse Syndrome Pada Pekerja Pria Perusahaan Bubuk Deterjen, Jurnal Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, (Vol.25)(No.2)Hal.75-83.

Istiningsih, (2012), Analisis Tingkat Risiko Ergonomi Dan Keluhan Subjektif Yang Mengarah Pada Repetitive Strain Injury Pada Pekerja Pengguna Komputer Di PT.XYZ Tahun 2012, Skripsi Keselamatan Kerja, FK UI: Depok.

Tommy, (2013), Artikel Myalgia, Seputar Media Internal HPM, (Ed.14) hal.9

Nurmianto, E., (2008), Ergonomi, Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Guna Widya: Surabaya.

Nursyamsuddin, (n.d), Myalgia, Retrieved from www.ja.scribd.com/doc/125630017/myalgia.

Santoso, G., (2004), Ergonomi : Manusia, Peralatan Dan Lingkungan, Prestasi Pustaka: Jakarta.

Sativani, Z., (n.d), Myalgia, Retrieved from www.ja.scribd.com/doc/130793132/myalgia-otot.

Savitri, A., Mulyati, G.T., Azis, I.W.F., (2012), Evaluation of Working Postures At A Garden Maintenance Service To Reduce Musculoskeletal Disorder Risk ( A Case Study Of PT. Dewijaya Agrigemilang Jakarta), Agroindustrial Journal, (Vol. 1)(Issue.1)Hal. 21-27.

Siahaan, R., (2012), analisis Ergonomi Terhadap Sepeda Anak-Anak Berdasarkan Data Anthropometri Menggunakkan Metode PEI Dalam Virtual Environment. Skripsi Teknik Industri, FT UI:Depok.

Sulianta, F., (2010), IT Ergonomi, PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Tarigan, S.P., Tambunan, M.M., Buchari, (2013), Analisis Tingkat Penerapan Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dengan Pendekatan SMK3 Dan Risk Assesment Di PT. XYZ, Jurnal Teknik Industri, FT USU, (vol.3)(No.5)Hal.8-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ