ANALISIS SISTEM PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK PADA SEPEDA STATIS

Alfon Dwi Pratama Napitupulu, I Gede Eka Lesmana, Agri suwandi

Abstract


Pentingnya manfaat akan energi listrik bagi masyarakat Indonesia untuk kehidupan sehari - hari tidak dapat sepenuhnya disuplai oleh PLN. PLN hanya dapat mensuplai 48% pasokan listrik untuk rumah tangga, sehingga banyak rumah tangga di desa yang belum dapat menikmati energi listrik. Maka perlu adanya pengembangan energi alternatif sebagai  tambahan pasokan energi listrik rumah tangga. Salah satu energi alternatif dapat dihasilkan dari kerja mekanik. Sepeda statis merupakan alat bantu yang dapat digunakan dalam menghasilkan energi listrik. Setiap ayunan sepeda statis mampu menghasilkan suatu energi kinetik yang dapat diubah menjadi energi listrik, yaitu dengan cara menghubungkan sepeda statis ke alternator untuk menghasilkan tegangan volt DC. Tegangan yang dihasilkan akan disimpan pada akumulator (battery/aki), lalu tegangan volt DC battery dihubungkan dengan menggunakan boost converter (voltage regulator) untuk mendapatkan tegangan yang lebih tinggi. Tegangan keluaran boost converter akan dihubungkan dengan single phase fullbridge inverter untuk mengubah tegangan menjadi volt AC. Analisis sistem pembangkit energi listrik pada sepeda statis bertujuan untuk mendapatkan parameter kecepatan putaran pedal yang optimal agar waktu pengisian battery cepat penuh. Berdasarkan hasil perhitungan, kecepatan pedal yang didapat adalah 2000 rpm dengan kapasitas listrik sebesar 50 VA.


Full Text:

PDF

References


Statistik Ketenagalistrikan, Direktorat Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2015. Jakarta.

Kholis Nur Faizin. 2016. Pengaruh Variasi Diamater Pulley Alternator dan Daya Motor Terhadap Arus dan Kecepatan Proses Pengisian Baterai 12 Volt. Madiun.

Jacopo Guanetti, Simone Formentin, Matteo Corno, Sergio M. Savaresi., 2015. Optimal Energy Management in Series Hybrid Electric Bicycles. Osaka.

Pristiadi Utomo. 2017. Gerak Melingkar Beraturan. Jakarta.

Rohmad Subodro. 2015. Pengaruh Ukuran Pulli dan Penambahan Jumlah Lilitan Spoel pada Alternator Konvensional Terhadap Voltage yang Dihasilkan, Surakarta.

Melzi Ambar Mazta, Ahmad Saudi Samosir, Abdul Haris., 2016. Rancang Bangun Interleaved Boost Converter Berbasis Arduino. Bandar Lampung.

Umar Hasan, Dedid Cahya., 2015. Sistem Charging Baterai Pada Perancangan Mobil Hybrid. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ