PEMBANGUNAN APLIKASI WEB DENGAN FITUR MOBILE UNTUK SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR WALI NAGARI PAGARUYUNG

Ricky Akbar, Indri Indri

Abstract


Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan dalam penataan dan penertiban dokumen dan data penduduk melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya. Kantor Wali Nagari Pagaruyung merupakan suatu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengelola data penduduk Nagari Pagaruyung dalam meningkatkan kesejahteraanya. Berdasarkan hasil wawancara dan analisa yang dilakukan administrasi kependudukan pada Kantor Wali Nagari Pagaruyung masih dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu aplikasi sistem informasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan penduduk di Nagari Pagaruyung. Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan studi pendahuluan dan studi literature, serta untuk pembangunanaplikasi menggunakan model waterfall. Aplikasi ini dirancang dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, javascript, Basic4Android dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode blackbox dengan hasil pengujian telah sesuai dengan kebutuhan fungsional aplikasi.

Kata kunci : Aplikasi,Administrasi Kependudukan,Sistem Informasi, Web, Mobile, Nagari Pagaruyung.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Rahayu,Sri Kristiyana. (2011).Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Desa Mojotengah Kecamatan Kedu Temanggung Menggunakan Visual Basic dan SQL Server 2000 [skripsi]. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta.

Jogiyanto, HR. (1999). Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.

Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1).

Junaedi, F. 2005 Panduan Lengkap Pemrograman PHP untuk Membuat Web Dinamis. Yogykarta: PD. Anindya.

Mahdalika, M., (2015). Rancang Bangun Alat Menghidup Dan Mematikan Televisi Berbasis Android (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Al Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ