SISTEM KENDALI PERANGKAT ELEKTRONIKA MONOLITIK BERBASIS ARDUINO UNO R3

Prio Handoko

Abstract


Sistem kendali monolitik perangkat elektronika adalah sebuah sistem yang dibangun untuk mempermudah pengguna mengendalikan perangkat elektronika di dalam house (menghidupkan/mematikan) dari satu lokasi (mono = satu, litik = lokasi), seperti control room. Pengembangan sistem ini ditujukan untuk dapat membantu masyarakat perkotaan (kaum urban) melakukan suatu kegiatan yang rutin, yaitu mematikan dan menghidupkan perangkat elektronik di sekitar rumah. Kegiatan menghidupkan dan mematikan perangkat elektronika di dalam rumah, seperti lampu teras, lampu taman, lampu garasi, lampu gudang, kipas angin dan lain  sebagainya memang terlihat sangat mudah untuk dilakukan jika ukuran rumah yang ditinggal tidak terlalu luas. Lalu bagaimanakah jika si pengguna memiliki rumah yang sangat luas dan memilik lebih dari 1 lantai? tentunya kegiatan yang terlihat mudah ini memerlukan usaha yang sangat besar karena si pengguna harus berkeliling untuk menghidupkan atau mematikan perangkat elektronika yang ada di dalam rumah. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat memungkinkan sistem ini dikembangkan sehingga dapat memberikan solusi kepada penguna agar pengguna tidak perlu berkeliling rumah untuk mematikan atau menghidupkan perangkat elektronika yang diinginkan hanya dari satu lokasi saja sehingga hal ini pun dapat menghemat energi. Pengembangan sistem kendali ini mengacu kepada metode penelitian Research & Development (R&D) yang lebih cocok digunakan untuk penelitian yang menghasilkan sebuah produk sebagai luarannya. Metode ini memiliki 10 tahapan mulai dari penggalian informasi kebutuhan pengembangan sistem kendali hingga proses deseminasi untuk menyebarluaskan hasil penelitian ini kepada khalayak ramai. Sistem yang akan dikembangkan ini menggunakan modul Arduino UNO R3 sebagai komponen utamanya karena mudah didapatkan dan harganya pun relatif murah. Berdasarkan beberapa percobaan yang telah dilakukan baik menggunkan metode white box dan black box, maka sistem kendali memungkinkan penggunaan sistem kendali perangkat elektronika monolitik dilakukan.

Kata kunci: sistem kendali, monolitik, teknologi informasi, metode R&D, arduino UNO R3


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Ardi Amir, Muhammad Nur Faisal. 2015. Peralatan Elektronik Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Mekanikal, 6(2), 577 – 584.

Explain That Stuff. 2015. Explain That Stuff: Relays. Diakses pada tanggal 5Juni 2016 dari laman situs http://www.explainthatstuff.com/howrelayswork.html.

Fatoni, A., Rendra, D. B. 2014. Perancangan Prototipe Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 24 – 30.

Girsang, W. S., Batubara, F. R. 2014. Perancangan dan Implementasi Pengendali Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino. Jurnal Ilmiah Singuda Ensikom Universitas Sumatera Utara, 2(7), 105 – 112.

Iyuditya, Dayanti, E. 2013. Sistem pengendali Lampu Ruangan secara Otomatis Menggunakan PC Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO. Jurusan Teknik Informatika. Jurnal Online ICT STMIK IKMI Cirebon, 10, 1 – 7. Diambil dari http://stmik-ikmi-cirebon.net/e-journal/index.php/JICT/article/view/55/55-303-2-PB.pdf.

Rahmiati, P., Firdaus, G., Fathorrahman, N. 2014. Implementasi Sistem Bluetooth Menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali peralatan Elektronik. Jurnal ELKOMIKA Institut Teknologi Nasional Bandung, 1(2), 1 – 14.

Roger S. Pressman. 2010.Software Engineering: A Practicioner’s Approach. 7th Editon. New Jersey: McGraw Hill Education.

Satrio Adhi Nugroho, I Ketut Dedy Suryawan, I Nyoman Kusuma Wardana. 2015. Penerapan Mikrokontroler Sebagai SistemKendali Perangkat Listrik Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4(2), 135 – 144.

Syofian, A. 2016. Pengendalian Pintu Pagar Geser Menggunakan Aplikasi Smartphone Android dan Mikrokontroler Arduino melalui Bluetooth. Jurnal Teknik Elektro ITP, 1(5), 45 – 50.

Wibowo, S. 2014. Perancangan Sistem Kontrol Jarak Jauh Berbasis Web untuk Memudahkan Pengguna dalam Pengendalian Perangkat Listrik Rumah Tangga. Jurnal J-Intech STIKI Malang, 2(2), 1 – 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ