RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEBARAN PENYELENGGARA JASA POS DI KOTA PADANG

Wahid Fachrul Hafidz, Haris Suryamen, Fajril Akbar

Abstract


Penyelenggara jasa pos salah satu jenis usaha baru yang pesat perkembangannya seiring dengan berkembangnya e-commerce. Jasa pos menjadi penghubung antara customer dengan digital market. Saat ini, jasa pos di Kota Padang telah tersebar di beberapa 11 kecamatan. Informasi keberadaan dan fasilitas jasa  pos yang ada  juga tidak terpantau dengan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang bagian Seksi Pos dan Telekomunikasi dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawas. Disamping itu, masyarakat juga mendapatkan informasi jasa pos secara terpisah. Oleh karena itu dirancangsebuah sistem informasi berbasis lokasi dari jasa penyelenggara pos Kota Padang yang berbasis web. Pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan metode waterfall meliputi tahap analisis, desain, pengodean, dan pengujian. Tahapan analisis dirumuskan kebutuhan fungsional yang antaranya  pencarian jasa penyelenggara pos yang terdekat, grafik penyebaran jasa penyelenggara pos, dan mengelola informasi penyelenggara pos. Aplikasi ini dibangun dengan PHP, HTML serta Javascript. Google Maps dengan perantara Application Program Interface (API)-nya digunakan sebagai peta dasar dan jalur interaksi dengan sistem. Basis data dikembangkan dengan memanfaatkan PostGIS. Fungsi-fungsi PostGIS yang digunakan yaitu fungsi ST_X, ST_Y, ST_Contains, ST_asGeoJSON, ST_Centroid, ST_Distance_Sphere, dan ST_GeomFromText. Pengujian dengan blackbox testing yang berfokus pada output dan fungsional dari sistem. Hasil dari pengujian terhadap 17 kebutuhan fungsional yang dilakukan oleh 5 orang penguji menunjukkan bahwa aplikasi web untuk Sistem Infromasi Geografis (SIG) penyebaran jasa  pos di Kota Padang telah sesuai dengan rancangan kebutuhan fungsional.

Kata kunci: Jasa Pos, Web, SIG


Full Text:

PDF

References


Agus Swastika, I. P., Ana Widiatmika, I., & Eka Wiadi, P. (2010). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Penguasaan Pemilikan Penggunaan Dan Pemanfaatan Tanah (P4T) Kabupaten Jembrana Berbasis Web. Lontar Komputer, 1(1).

Fernando, E. (2012). Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Tempat Kesehatan Di Kota Jambi. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro (pp. 17-22).

Fithriyyah, U., Akbar, F. and Suryamen, H., 2016. Pembangunan Sistem Informasi Sebaran Rumah Tangga Miskin Kelurahan Puhun Tembok Bukittinggi. SISFO Vol 6 No 1, 6.

Hartadi, Y., Suryamen, H. and Akbar, F., 2016. Perancangan Sistem Informasi Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Padang. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), pp.35-44.

Noviyanto, F., 2012. Membangun sistem pembelajaran pengenalan bentuk untuk anak berbasis multimedia dan game interaktif. Jurnal Informatika, 2(1), pp.158-167.

Pugas, D. O., Somantri, M., & Satoto, K. I. (2011). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dan Astar (A*) pada SIG Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kota Sawahlunto. TRANSMISI, 13(1), 27-32.

Purwanti, D. (2008). Penggunaan Analisis SWOT dalam Kompetisi Bisnis Jasa Ekspedisi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(3).

Sari, W. E., Sholeh, M., & Hamzah, A. (2013). Penerapan jQuery Mobile dan PHP Data Object Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Ibadah di Yogyakarta. Jurnal Script, 1(1).

Suryani, Nissa. (2016). Penerapan Sistem Informasi Geografis Untuk Informasi dan Ekstrakurikuler Pada Satuan Pendidikan di Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru Berbasis Web [skripsi]. Padang : Universitas Andalas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ