RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH SEKALIGUS MIXER LIMBAH DAUN DAN RANTING DENGAN MENGGUNAKAN 4 BUAH PISAU UNTUK PUPUK HUMUS

Farhan Syarifuddin, Fadwah Maghfurah, Windarta Windarta

Abstract


Untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan, petani sangat membutuhkan pupuk.Saat ini permasalahan yang dihadapi para petani adalah kelangkaan dan tingginya harga pupuk. Di sisi lain ketersediaan bahan limbah organik berupa daun kering dan ranting yang sangat berlimpah yang dapat ditemukan disekitar perkebunan dan perkarangan rumah yang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organik. Tujuan penulis pada mesin ini untuk Merancang mesin pencacah sekaligus mixer portable. Metode yang digunakan alat pencacah sekaligus mixer ini mencakup dengan merancang design menggunakan software design solidworks 2014, dan sekaligus menghitung komponen mesin. Alat pencacah sekaligus mixer ini memiliki 4 buah mata pisau, 2 buah pisau besar berdiameter 370 mm x 40 mm dan 2buah pisau kecil berdiameter 150 mm x 40 mm, motor listrik menggunakan kecepatan 1400 rpm, untuk daya putar kecepatan rendah untuk mixer (pengaduk) dan kecepatan tinggi untuk proses pencacahan yang dapat di sesuaikan dengan mengunakan dimmer control speed. Sistem kerja pada alat pencacah dan mixer ini, motor listrik dijalankan setelah putaran stabil, masukan daun kering dan ranting dengan batas ketebalan 15 mm ke dalam tabung lalu tungu hinga proses pencacahan berlangsung.Untuk hasil pencacahan bisa di sesuaikan dengan membuka tutup plat saringan, untuk hasil pencacahan yang halus dengan menunggu hasil pencacahan keluar dari plat penyaring, dan untuk hasil pencacahan yang kasar bisa dibuka dan diatur pada plat penyaring.Hasil pengujian yang di rekomendasikan terdapat pada saat pengujian ke 3 dengan kecepatan 1400 rpm selama 5 menit hasil yang di butuhkan untuk pembuatan pupuk humus dengan tampilan tidak terlalu halus dan kasar.
Kata kunci: Mesin Pencacah Sekaligus Mixer, Daun Dan Ranting, Pupuk Humus, Empat Mata Pisau


Full Text:

PDF

References


Antu, E. S., & Djamalu, Y. (2018). Desain Mesin Pencacah Sampah Organik

Rumah Tangga Untuk Pembuatan Pupuk Kompos. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 3(2), 57-65.

Anwar, S., & Farudin, T. (2023). Rancang Ulang Mesin Pencacah Sampah Sabut Kelapa Dengan Model Pisau Circular Saw Kapasitas 116 Kg/Jam. Baut Dan Manufaktur, 5(1), 36-43. Hendaryanto, I. A. (2018). Pembuatan mesin pencacah sampah organic untuk swadaya pupuk di desa tancep kecamatan Ngawen kabupaten Gunung kidul. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 1(1), 11-18. Lingga, P. dan Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Membuat Tanah Humus: Kunci Kesuksesan Tanaman Sehat dan Produktif. (n.d.). Retrieved from https://umsu.ac.id/berita/membuat tanah-humus-kunci-kesuksesan-tanaman-sehat-dan-produktif/ Nugraha, N., Pratama, D. S., Sopian, S., & Roberto, N. (2019). Rancang Bangun Mesin Pencacah Sampah Organik Rumah Tangga. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 3(3). Sunge, R., Djafar, R., & Antu, E. S. (2019). Rancang Bangun Dan Pengujian Alat Pencacah Kompos Dengan Sudut Mata Pisau 45o. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 4(2), 62-70. Sitanggang, H., & Siahaan, E. W. B. (2021). Pemanfaatan Mesin Pencacah Sampah Organik Portabel untuk Keperluan Rumah Tangga di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. JUITECH: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality, 5(2), 63-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ