Aplikasi Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Pakaian Pada Industri Kreatif Fesyen
Abstract
Industri Pakaian merupakan industri yang memiliki karakteristik volatilitas tinggi dansulit untuk diprediksi. Banyak industri pakaian yang sering mengalami kelebihan stokpakaian jadi yang pada akhirnya merugi karena dijual dengan harga diskon. Artikel inimembahas aplikasi Sistem Inferensi Fuzzy metode Mamdani dengan tujuan untukmemprediksi jumlah produksi pakaian dalam industri pakaian. Metode inferensi fuzzyMamdani digunakan untuk menangani kondisi industri pakaian yang volatilitasnyatinggi, permintaan yang tidak stabil dan kompleksitas dalam proses prediksi produksipakaian. Studi ini menguraikan langkah-langkah implementasi sistem inferensi fuzzyMamdani, diantaranya adalah pembentukan himpunan fuzzy untuk variabel input danoutput, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan inferensi fuzzy dan defuzzyfikasi.Penerapan Fuzzy metode mamdani ini menggunakan bantuan software MATLAB.Data produksi pakaian yang diperoleh dari industri pakaian digunakan untuk melatihdan menguji model fuzzy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem inferensifuzzy metode Mamdani mampu memberikan prediksi jumlah produksi pakaian dengantingkat akurasi 6,22% yang berarti memuaskan. Implikasi penelitian ini menunjukkanbahwa penerapan sistem inferensi fuzzy metode Mamdani dapat menjadi alat yangberguna dalam mendukung pengambilan keputusan terkait produksi pakaian di industrikreatif fesyenKata kunci: Inferensi Fuzzy , Metode Mamdani, Prediksi, Produksi PakaianReferences
Abrori M, Prihamayu AH. 2015. Aplikasi
Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam
Pengambilan Keputusan Penentuan
Jumlah Produksi. Kaunia. XI(2):91–99.
Agustin AH, Gandhiadi GK, Oka TB. 2016.
Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Untuk
Menentukan Harga Jual Sepeda Motor
Bekas. 5(4):176–182.
Astuti dwi putri puji astuti, Mashuri. 2020.
Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dan
Fuzzy Sugeno Dalam Penentuan Harga
Jual Sepeda Motor. Matematika., siap
terbit.
Christopher M, Peck H. 1997. Managing
Logistics in Fashion Market. Int J Logist
Manag. 8(2):63–74.
J. Kamble A, P. Rewaskar R. 2020. Soft
computing - Fuzzy Logic: An overview.
Int J Fuzzy Math Arch. 18(01):45–52.
doi:10.22457/ijfma.v18n1a06214.
J.ROSS T. 2010. Fuzzy Logic With Engineering
Application.
Junaidi M, Setiawan E, Adista FW. 2005.
Penentuan Jumlah Produksi Dengan
Aplikasi Fuzzy – Mamdani. J Ilm Tek Ind.
(2):95–104.
http://eprints.ums.ac.id/198/1/JTI-0402-
-OK.pdf.
Kamil A. 2015. Industri Kreatif Indonesia:
Pendekatan Analisis Kinerja Industri.
Media Trend. 10(2):207–225.
Shoniya A, Jazuli A. 2019. Penentuan Jumlah
Produksi Pakaian Dengan Metode Fuzzy
Tsukamoto Studi Kasus Konveksi Nisa.
JIPI (Jurnal Ilm Penelit dan
Pembelajaran Inform. 4(1):54.
doi:10.29100/jipi.v4i1.1068.
Sonalitha E, Asriningtias SR, Nurdewanto B.
FUZZY CLUSTERING.