Kajian Konsep Pekan Budaya (Culturally-Sensitive Design) pada Rumah Sakit Angkatan Laut dr.Azhar Azhari Manokwari, Papua Barat

Finta Lissimia, Jumastan Jumastan, Anggana Fitri Satwikasari, Fadhilla Tri Nugrahaini, Agustinus Rizki Wirawan Riadi

Abstract


Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Desain Arsitektur peka budaya adalah rancangan bangunan yang sensitif terhadap makna atau konteks budaya di suatu daerah. Pengaplikasiannya pada rancangan bangunan dapat dari berbagai aspek dari fasad, konfigurasi ruang, dan aspek lain agar kebudayaan setempat hidup Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep desain peka budaya dan penerapannya pada fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit. Rumah sakit yang menjadi studi kasus adalah Rumah Sakit Angkatan Laut dr.Azhar Azhari yang berlokasi di Manokwari, Papua Barat. Rumah Sakit ini dianggap tepat sebagai studi kasus karena berlokasi di provinsi di Indonesia yang masih kental dengan budayanya terutama dari suku-suku setempat. Metodologi penelitian adalah kualitatif dengan analisis deskriptif berdasarkan data yang didapat dari pengamatan obyek dan wawancara dengan pihak terkait. Konsep desain peka budaya berdasarkan enam aspek. Aspek peka budaya (cultural awareness) melalui penyediaan fasilitas yang mewadahi aktivitas masyarakat lokal. Aspek adaptasi kebudayaan (cultural adaptation) difasilitasi dengan membuat perencanaan pola tata ruang yang mendukung aktivitas kebudayaan. Keterlibatan Komunitas (community involvement) diterapkan dengan memberikan dukungan pada kegiatan komunitas di sekitar bangunan. Ruang inlusif adalah hasil dari respek terhadap keberagaman (respect for diversity). Aspek integrasi nilai-nilai budaya (integration of cultural values) diterapkan pada atap dan warna bangunan. Pertimbangan estetika budaya (consideration of cultural values) yang terlihat pada eksterior maupun interior bangunan.
Kata kunci: Desain Peka Budaya, Fasilitas Kesehatan, Rumah Sakit.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. U., & Darmajanti, L. (2019). Strategi Komunitas Peka Kota Hysteria Dalam Pelestarian Kampung Kota. Jurnal Planologi, 82-101.

Amany, S., & Lissimia, F. (2020). Kajian Konsep Arsitektur Perilaku pada Stasiun Kereta Api Antar Kota. Purwarupa Vol.4,.

Ata, M., & Ekomadyo, A. S. (2018). Adaptasi arsitektur tradisional bali pada tempat-tempat komunal di desa balinuraga, kalianda, Lampung Selatan. Jurnal Koridor, 9(2), 312-321.

Firgus, H. (2010). Pengaruh Konteks terhadap Desain Arsitektur Kontekstual. Skripsi. Universitas Indonesia

Hardilla, D., Basuki, K. H., Ifadianto, N., & Jhonnata, D. (2021). DINAMIKA SOSIAL DAN BUDAYA DALAM PERENCANAAN ARSITEKTUR SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 114-126.

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. (2020, Februari 12). penataan-ruang- perlu-integrasikan-aspek-sosial-dan-lingkungan. Diambil kembali dari lldikti5.kemdikbud.go.id: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/penataan-ruang-perlu- integrasikan-aspek-sosial-dan-lingkungan

Mahgoub, Y. (2007). Architecture and the expression ofcultural identity in Kuwait. The Journalof Architecture , 165-182.

Marcella, J. (2004). Arsitektur & Perilaku Manusia. Grasindo.

Noorwatha, I. K. D. (2020). Rachana Vidhi: Metode Desain Interior Berbasis Budaya Lokal dan Revolusi Industri 4.0. I Kadek Dwi Noorwatha.

Nuryanto. (2019). Arsitektur Nusantara : Pengantar pemahaman arsitektur tradisional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Plata, M. (2009). Cultural sensitivity: The basis for culturally relevant teaching. Tep, 21(2), 181.

Ramadiani, A. I., & Lissimia, F. (2022). Kajian Konsep Arsitektur Perilaku Pada Bangunan Wisata Air. Journal Of Architectural Design and Development.

Subroto, T.Y. (2019). Koeksistensi Alam dan Budaya dalam Arsitektur. ARTEKS: Jurnal Teknik Arsitektur

Turan, M. (1990). Vernacular Architecture paradigms of environmental response. Britania Raya: Avebury.

Utomo, T. P. (2007). Estetika Arsitektur Dalam Perspektif Teknologi dan Seni. jurnal.isi-ska.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ