EFISIENSI PENGGUNAAN MOTOR BLDC TERHADAP BEBAN DAN KECEPATAN SEPEDA MOTOR LISTRIK

Devco Castono Putro, Eka Samsul Ma’arif

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang efisiensi daya Listrik pada motor BLDC sebagai penggerak sepeda motor listrik dengan berbagai percobaan beban dan kecepatan. Sepeda motor Listrik menjadi salah satu kendaraan yang diminati oleh masyarakat. Motor BLDC adalah penggerak utama pada sepeda motor listrik dimana perencanaan kapasitas motor meliputi daya dan torsi motor sangat berpengaruh terhadap kemampuan akselerasi dan kecepatan gerak sepeda motor. Perencanaan kapasitas motor tersebut diperoleh dengan memperhitungkan berat total, letak titik berat motor, percepatan yang diinginkan, gaya hambatan rolling ban terhadap aspal, gaya hambat udara dan sudut inklinasi jalan. Perhitungan dan analisa yang telah dilakukan mendapatkan daya motor yang diperlukan adalah 3 kW. Pengujian terhadap kemampuan motor dalam membawa beban dilakukan dengan memberi variasi beban penumpang dan barang sebesar 76 kg, 100 kg dan 115 kg, dan digerakkan dengan target kecepatan 10 km/jam, 20 km/jam dan 30 km/jam. Motor BLDC yang terpasang telah mampu menggerakkan sepeda motor listrik dengan variasi beban tersebut tanpa kendala dengan konsumsi arus maksimal 38,56% dari arus nominal. Efisiensi terendah sebesar 14,06% didapatkan pada pengujian beban 76 kg dengan kecepatan 10 km/jam. Efisiensi tertinggi senilai 84,24 % didapatkan pada beban 155 kg dengan kecepatan uji 30 km/jam.

 

Kata kunci: sepeda motor listrik, BLDC, daya motor, beban, kecepatan


Full Text:

PDF

References


Arman, Muhammad J.D, Abdul K.M. (2020)

“Perancangan Sepeda Listrik Menggunakan

Motor BLDC dengan Penggerak Depan untuk

Area Perumahan”. Prosiding 4th Seminar

Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada

Masyarakat 2020.

Bayu A.G, Nur A.S.L, Dian P (2022).

“Perancangan Sepeda Listrik Semoli Untuk

Beban 80 Kg”. Accurate: Journal of

Mechanical Engineering and Science Vol.3,

No.2, October 2022, pp.1-7 e-ISSN 2722-

and p-ISSN: 2722-4279. DOI:

35970/accurate.v3i2.1556

Eka S.M, Budiyanto, Erwin D, Prian G.C.

(2022). “Studi Perencanaan Pengaturan

Kecepatan Motor BLDC pada Gerobak

Listrik dengan Driver Votol EM-30S”.

RESISTOR (Elektroniika Kendali

Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer)

Vol. 5 No. 2 e-ISSN : 2621-9700, p-ISSN :

-2684.

Hendarto Putra (2019). “Perancangan Sepeda

Listrik Dengan Menggunakan Motor DC

Seri”. Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik,

Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan

Kendali) Volume 04 No 02, Tahun 2019 eISSN: 2502-5562. Open Access at:

http://ojs.uho.ac.id/index.php/jfe/

Ihsan, A. N., Joko, J., Suprianto, B., &

Wrahatnolo, T. (2022). “Analisis dan Efisiensi

Kebutuhan Kapasitas Baterai 110 Volt DC

Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 KV

Wonokromo Surabaya.” JURNAL TEKNIK

ELEKTRO, 11(3), 481-488.

Laksita A., I Nyoman S. (2020). Perancangan dan

“Analisis Sistem Power dan Drivetrain pada

Sepeda Motor Bertenaga Hybrid dengan

Kapasitas 110 cc”. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 9, No. 2, (2020) ISSN: 2337-3539 (2301-

Print)

Wahyudi B.P, Habib P.P, Warindi. (2016)

Perancangan Motor Listrik BLDC 10 kW

untuk Sepeda Motor Listrik Prosiding

SNATIF Ke-3 Tahun 2016

Zain, A. T., Suranto, D. D., Irawan, A., &

Karimah, C. N. (2023). “Pengujian konsumsi

daya baterai litium-ion pada sepeda motor

listrik dengan variasi kemiringan lintasan”.

Dinamika Teknik Mesin, 13(1), 46–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ