EFISIENSI PENGGUNAAN MOTOR BLDC TERHADAP BEBAN DAN KECEPATAN SEPEDA MOTOR LISTRIK
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang efisiensi daya Listrik pada motor BLDC sebagai penggerak sepeda motor listrik dengan berbagai percobaan beban dan kecepatan. Sepeda motor Listrik menjadi salah satu kendaraan yang diminati oleh masyarakat. Motor BLDC adalah penggerak utama pada sepeda motor listrik dimana perencanaan kapasitas motor meliputi daya dan torsi motor sangat berpengaruh terhadap kemampuan akselerasi dan kecepatan gerak sepeda motor. Perencanaan kapasitas motor tersebut diperoleh dengan memperhitungkan berat total, letak titik berat motor, percepatan yang diinginkan, gaya hambatan rolling ban terhadap aspal, gaya hambat udara dan sudut inklinasi jalan. Perhitungan dan analisa yang telah dilakukan mendapatkan daya motor yang diperlukan adalah 3 kW. Pengujian terhadap kemampuan motor dalam membawa beban dilakukan dengan memberi variasi beban penumpang dan barang sebesar 76 kg, 100 kg dan 115 kg, dan digerakkan dengan target kecepatan 10 km/jam, 20 km/jam dan 30 km/jam. Motor BLDC yang terpasang telah mampu menggerakkan sepeda motor listrik dengan variasi beban tersebut tanpa kendala dengan konsumsi arus maksimal 38,56% dari arus nominal. Efisiensi terendah sebesar 14,06% didapatkan pada pengujian beban 76 kg dengan kecepatan 10 km/jam. Efisiensi tertinggi senilai 84,24 % didapatkan pada beban 155 kg dengan kecepatan uji 30 km/jam. Kata kunci: sepeda motor listrik, BLDC, daya motor, beban, kecepatanReferences
Arman, Muhammad J.D, Abdul K.M. (2020)
“Perancangan Sepeda Listrik Menggunakan
Motor BLDC dengan Penggerak Depan untuk
Area Perumahan”. Prosiding 4th Seminar
Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada
Masyarakat 2020.
Bayu A.G, Nur A.S.L, Dian P (2022).
“Perancangan Sepeda Listrik Semoli Untuk
Beban 80 Kg”. Accurate: Journal of
Mechanical Engineering and Science Vol.3,
No.2, October 2022, pp.1-7 e-ISSN 2722-
and p-ISSN: 2722-4279. DOI:
35970/accurate.v3i2.1556
Eka S.M, Budiyanto, Erwin D, Prian G.C.
(2022). “Studi Perencanaan Pengaturan
Kecepatan Motor BLDC pada Gerobak
Listrik dengan Driver Votol EM-30S”.
RESISTOR (Elektroniika Kendali
Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer)
Vol. 5 No. 2 e-ISSN : 2621-9700, p-ISSN :
-2684.
Hendarto Putra (2019). “Perancangan Sepeda
Listrik Dengan Menggunakan Motor DC
Seri”. Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik,
Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan
Kendali) Volume 04 No 02, Tahun 2019 eISSN: 2502-5562. Open Access at:
http://ojs.uho.ac.id/index.php/jfe/
Ihsan, A. N., Joko, J., Suprianto, B., &
Wrahatnolo, T. (2022). “Analisis dan Efisiensi
Kebutuhan Kapasitas Baterai 110 Volt DC
Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 KV
Wonokromo Surabaya.” JURNAL TEKNIK
ELEKTRO, 11(3), 481-488.
Laksita A., I Nyoman S. (2020). Perancangan dan
“Analisis Sistem Power dan Drivetrain pada
Sepeda Motor Bertenaga Hybrid dengan
Kapasitas 110 cc”. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 9, No. 2, (2020) ISSN: 2337-3539 (2301-
Print)
Wahyudi B.P, Habib P.P, Warindi. (2016)
Perancangan Motor Listrik BLDC 10 kW
untuk Sepeda Motor Listrik Prosiding
SNATIF Ke-3 Tahun 2016
Zain, A. T., Suranto, D. D., Irawan, A., &
Karimah, C. N. (2023). “Pengujian konsumsi
daya baterai litium-ion pada sepeda motor
listrik dengan variasi kemiringan lintasan”.
Dinamika Teknik Mesin, 13(1), 46–56.