Pengembangan Model Bisnis Radio Melalui Kajian Business Model Canvas
Keywords:
Radio, Business Model Canvas, DigitalisasiAbstract
Industri radio memerlukan transformasi untuk tetap eksis di era digital. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model bisnis radio adaptif menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Studi dilakukan terhadap 8 stasiun radio lokal di wilayah Madiun Raya, yaitu 5 dari Kota Madiun, 1 dari Kabupaten Madiun, 1 dari Kabupaten Magetan, dan 1 dari Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan customer segments sebanyak 75% stasiun radio menargetkan segmen keluarga dan dewasa dengan capaian usia ≥25 tahun. Value propositions mencakup enam nilai utama, terutama informasi lokal dan hiburan. Channels terdiri dari empat saluran dominan frekuensi radio, website, aplikasi mobile, dan media sosial. Customer relationships mencerminkan dua pendekatan utama, yaitu interaksi personal dan co-creation. Revenue streams didukung oleh empat sumber pendapatan, dengan 60% berasal dari iklan lokal. Key resources mencakup lima unsur penting seperti studio dan tim kreatif. Key activities melibatkan lima aktivitas utama, termasuk produksi konten dan promosi. Key partnerships menunjukkan bahwa seluruh stasiun menjalin setidaknya satu kemitraan strategis. Cost structure terbesar berasal dari gaji (40%), operasional studio (30%), biaya produksi konten (15%) dan biaya pemasaran (15%). Penelitian ini menghasilkan peta model bisnis radio berbasis BMC yang relevan dengan era digitalisasi serta memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan industri radio ke depan.References
Adilla, M., Rahman, H., & Ma’ruf. (2023). Pengembangan Model Bisnis Layanan Mobile Banking PT. Bank Nagari menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 606–613.
Afifah, E. L., & Setiawan, I. (2022). Business Development Through a Business Model Canvas Approach at Elfath Msmes. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen, Dan Akuntansi (SIMAK), 20(02), 186–201.
Agustin, D., Cahyono, S., Tafrizi, T., Evianasari, A., & Nurminingsih, N. (2021). Membuat Bussines Model Canvas (Bmc) untuk Start Up di Kelurahan Bambu Apus Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 5(1), 60–66.
Ahda, M. H., Lestari, S. S., & Desinta, P. (2025). Strategi Manajemen Komunikasi Penyiaran Radio Aditya 87 . 6 Fm Pekanbaru di Era Digital. Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 19–26.
Ali, H., Istianingsih Sastrodiharjo, & Farhan Saputra. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93.
Aliwinoto, C., Hediyani, M., & Malinda, M. (2022). Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 173–182.
Annisa, F. N. (2021). Konvergensi media pada perkembangan radio komersial di Yogyakarta. COMMICAST, 2(2), 90.
Anonimus. (2024). Survei Lanskap Media Pers Indonesia. Dewanpers. https://dewanpers.or.id/berita/detail/2554/survei-lanskap-media-pers-indonesia
Arief, A., & Abbas, M. Y. (2021). Kajian Literatur (Systematic Literature Review): Kendala Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8(1), 1–6.
Arizah, S., Rasyid, A., & Nasution, K. (2023). Strategi Program Radio Siaran “Good Morning Dislovers” untuk Menarik Minat Pendengar (Studi Pada Radio DIS Fm Tebing Tinggi). Jisos: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 1531–1538.
Astri, D. T., Mukhamad, N., & Ali, M. M. (2020). Business Model Development Strategy on Property Industry: Case Study on PT CNI. Jurnal Manajemen, 24(2), 282–297.
Briliana, F., Reyhan Yozaf Aziza, & Hatta Luqmanul Haq. (2024). Manajemen Produksi dan Pemasaran Program Radio Geronimo FM di Era Digital. Jurnal Audiens, 5(3), 429–439.
Chudra, G., Indrajit, R. E., & Dazki, E. (2023). Arsitektur Perusahaan untuk Mro Pesawat di Indonesia Menggunakan Business Model Canvas. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 116–125.
Falach, A. N., Mahsun, M., & Saiban, K. (2024). Kerangka Bisnis Model Canvas pada Industri Halal dalam Perspektif Maqashid Syariah. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 5(1), 98–110.
Fikri, I. F., Juliana, K., & Ihksan, S. (2023). Implementasi Business Model Canvas (Bmc) dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Toreko. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 102–113.
Fitriyani, R. A., Putri, L. T., & Adawiyah, R. (2021). Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan di Masa Depan. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 118–129.
Hairiyah, N., & Amalia, R. R. (2021). Peningkatan Produktivitas Pemasaran Yamni Honey dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(1), 364–370.
Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11.
Hutapea, S., Besti, & Simbolon, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menarik Minat Pemasang Iklan Radio Kiss Fm Medan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 128–137.
Indah Pratiwi, N., Surya Rossitha, N. M. O., Subanda, I. N., & Darma Paramatha, I. G. N. (2023). Ekologi Media oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 114–128.
Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50.
Kohar, A. (2025). Konvergerensi Radio dalam Merebut Pendengar Gen Z. Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, XIII(September 2024), 50–66.
Maryani, I., Dwi Imaniawan, F. F., & Puspa, Y. A. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Pengelolaan Iklan Berbasis Web Radio Yasika Fm Purwokerto. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(1), 110–119.
Maytrisa, W., & Matondang, M. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Sergai FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(5), 1636–1644.
Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 13–19.
Pratama, D. E., Faqih, A., & Permana, S. E. (2025). Analisis Pengaruh Koran Digital Terhadap Minat Membaca Surat Kabar Cetak Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. JATI Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 9(1), 1514–1521.
Purwanti, I. (2021). Konsep Implementasi Ekonomi Sirkular dalam Program Bank Sampah. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(1), 89–98.
Putra, G. B. S., Praptono, B., & Sagita, B. H. (2023). Perancangan Model Bisnis CV. Gilang Putra Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). E-Proceeding of Engineering, 10(3), 2519–2526.
Risnaputra, I., & Triyono, G. (2020). Implementasi Cms Wordpress pada E-Commerce untuk Pelayanan Katering Cv. Alam Jaya. Indonesia Journal Information System (IDEALIS), 3(1), 481–485.
Ristamaji, H., & Pitoyo, P. (2023). Podcast sebagai Peluang Radio Elshinta Menambah Pendengar dan Pendapatan. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 359–369.
Santosa, I., Aji, A. M., Kuswanto, D., Novianti, T., & Irmawanto, R. (2025). Implementasi Framework Laravel untuk Pengembangan Website Radio SBFM Full Stack. CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro, 8(01), 27–33.
Sayyaf, N., Mujahid, A., & Mitra, M. (2025). Melodi Lama dan Gelombang Baru : Studi Tentang Transisi Generasi Milenial dan Zilenial dari Radio ke Platform Musik Digital. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 336–347.
Setiawan, H., & Darmastuti, R. (2021). Strategi Komunikasi Radio Suara Salatiga dalam Upaya Mendapatkan Loyalitas Pendengar di Era Digital. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(2), 159–174.
Sinabariba, S. C. (2023). Eksistensi Radio: Tantangan dan Peluang di Era Digital dan Post-Pandemic COVID-19 (Sebuah Pendekatan dengan Metode Tinjauan Literatur Sistematik). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 11–23.
Sri, W. (2021). Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) bagi Pelaku Usaha Samarinda dalam Upaya Pengembangan Brand Dan digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra, 1(2), 81–86.
Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Perspektif, 19(2), 113–121.
Wahyuanto, E. (2023). Manajemen Komunikasi Digital. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) pada Usaha Batik Kota Madiun. Jurnal Ekomaks, 9(2), 52–65.
Winda Kustiawan, Yohani Putri Dinar, Khalishah Salsabila, Tamara Apsyara, Muhammad Sholehuddin Al-QadriMuhammad Sholehuddin Al-Qadri, & Novendra Hariyadi Ritonga. (2024). Strategi Penyiaran Radio Komersial di Era Digitalisasi. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 104–111.
Zulkarnain, Z., Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Pt Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, 6(1), 55–61